Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Danu Pratama

Manfaat yang Ada pada Buah Kelengkeng

Info Sehat | Thursday, 29 Feb 2024, 16:21 WIB

Siapa yang tidak mengetahui buah yang satu ini? mudah ditemukan di pasar konvensional dan supermarket. Kelengkeng adalah buah tropis yang lezat yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antivirus, dan antibakteri.

Biji buah kelengkeng semakin populer sebagai makanan kesehatan karena adanya senyawa fenolik bernama ellagic acid (EA) dan gallic acid (GA) yang berasal dari tumbuhan. Kelengkeng telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Asia karena nilai gizinya yang tinggi.

Berikut beberapa manfaat buah kelengkeng :

1. Menjaga sistem Sensorik Berfungsi dengan baik

Sistem sensorik dalam tubuh bertanggung jawab untuk mendapatkan, menangani, dan mengkomunikasikan sinyal dari semua organ. Kelengkeng terdiri dari penguat sel yang dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kemampuan sistem saraf.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Anda sudah tahu bahwa buah kelengkeng juga memiliki manfaat untuk kecantikan! Vitamin dan antioksidan dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Padahal, masyarakat Tionghoa sudah lama percaya bahwa buah kelengkeng bermanfaat untuk kesehatan kulit.

3. Sumber Utama Serat

Buah lengkeng segar dan kering mengandung serat. Serat tidak hanya memberikan nutrisi, tetapi juga membantu sistem pencernaan berfungsi lebih lancar. Kelengkeng, buah rendah kolesterol, juga bisa mencegah gula penderita diabetes menyebar ke seluruh tubuh mereka.

4. Dapat Melindungi Otak

Salah satu manfaat kelengkeng yang tidak boleh Anda abaikan adalah kemampuannya melindungi otak dari bahaya penyakit Parkinson. Buah kelengkeng dapat mencegah kerusakan sel dopamin, meningkatkan kadar antioksidan, dan mengurangi kemungkinan peradangan pada sel otak.

5. Dapat Membantu Sistem Kekebalan

Buah lengkeng meningkatkan aktivitas sel darah putih, yang membantu sistem kekebalan tubuh. Buah kelengkeng mengandung polisakarida yang dianggap sebagai salah satu nutrisi paling ampuh untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Selain adanya polisakarida, splenosit, yang merupakan pembunuh alami sel berbahaya dan menghilangkan zat asing dari tubuh, disebutkan sebagai salah satu bahannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image