Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khairunnisa Ulfah

Empat Kata Ajaib Yang Kian Memudar

Edukasi | Sunday, 05 May 2024, 13:38 WIB
Sumber : dokumen pribadi
Sumber : dokumen pribadi

Pasti pernah dong, denger 4 kata Ajaib itu? Yup, bener banget. Empat kata Ajaib itu adalah permisi, maaf, tolong, terima kasih. Lho? Kenapa dibilang memudar? Jadi gini, dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita lupa betapa pentingnya sopan santun dan tata krama dalam berinteraksi dengan orang lain. Padahal, sikap saling menghormati dan berempati akan sangat berdampak pada hubungan sosial kita. Empat kata sederhana, namun penuh makna, yaitu "permisi", "maaf", "tolong", dan "terima kasih" adalah kata ajaib yang dapat membentuk karakter seseorang. Banyak yang saya temui bahwa 4 kata Ajaib ini lupa diterapkan oleh kedua orang tua mereka, sehingga anak-anak enggan untuk menyebutkan kata tersebut. Perlunya perhatian sejak dini untuk anak, karena karakter itu akan membentuk mereka hingga dewasa. Apa saja sih, makna 4 kata Ajaib itu. Simak yuk !


1. Permisi

"Permisi" adalah kata yang digunakan untuk meminta izin atau perhatian sebelum melakukan sesuatu. Kata ini menggambarkan rasa hormat dan kesopanan kepada orang lain. Misalnya, saat ingin melewati kerumunan orang, mengetuk pintu, atau menyela pembicaraan, kita menggunakan kata "permisi" untuk menunjukkan kesopanan. Ajarkan kepada anak ketika ada orang tua sedang berkumpul dan hendak melewati mereka, maka katakan kepada anak "permisi". Dengan begitu anak membentuk karaktek sopan dan santun.


2. Maaf

"Maaf" adalah kata yang menunjukkan pengakuan atas kesalahan atau ketidaksengajaan. Kata ini memiliki kekuatan untuk meredakan ketegangan dan menyembuhkan luka emosi. Mengucapkan "maaf" dengan tulus adalah langkah awal untuk memperbaiki kesalahan.Ketika kita meminta maaf, kita menunjukkan bahwa kita bertanggung jawab atas tindakan kita dan bersedia untuk memperbaiki kesalahan. Ini juga menunjukkan bahwa kita menghargai perasaan orang lain dan tidak ingin menyakiti mereka. Biasanya anak-anak enggan untuk langsung meminta maaf, tidak apa. Beri mereka waktu untuk mereka berpikir bahwa apa yang ia lakukan adalah salah, jangan lupa untuk memberikan pelukan terhadap mereka.


3. Tolong

"Tolong" adalah kata yang digunakan saat kita membutuhkan bantuan dari orang lain. Kata ini mencerminkan kerendahan hati dan kesediaan untuk bekerja sama. Dengan mengucapkan "tolong", kita menunjukkan bahwa kita tidak takut untuk meminta bantuan ketika diperlukan.Meminta bantuan dengan sopan dapat memperkuat hubungan antarmanusia. Ini juga menciptakan rasa saling mendukung dan meningkatkan semangat kerjasama. Ketika kita meminta bantuan dengan menggunakan kata "tolong", kita menghargai waktu dan upaya orang lain. Nah, anak-anak juga perlu kita ajarkan, bagaimana ia ingin dibantu maka ucapkan kata tolong, anak sering lupa jika meminta sesuatu kepada orang lain terdengar seperti menyuruh. Oleh sebab itu, berikan pengertian sedikit-sedikit kepada mereka.
4. Terima Kasih

"Terima kasih" adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan rasa syukur dan penghargaan. Kata ini menciptakan perasaan positif bagi kedua belah pihak, baik yang memberi maupun yang menerima ucapan terima kasih. Dengan mengucapkan "terima kasih", kita menghargai bantuan, kebaikan, atau kontribusi orang lain. Mengucapkan "terima kasih" dengan tulus adalah cara yang baik untuk menjaga hubungan yang harmonis. Ini juga meningkatkan rasa bahagia dan kepuasan dalam diri kita sendiri, karena kita lebih fokus pada hal-hal positif dalam hidup. Ketika anak sudah meminta tolong karena sudah dibantu, hendaknya mengajarkan mereka dengan kata "terima kasih" Karena anak-anak pun sangat menggemaskan, maka tak jarang jika ada orang sekitar memberikan hadiah kepada mereka, terkadang saking excited nya mereka, mereka lupa mengucapkan "terima kasih" Dan kita sebagai orang terdekatnya jangan pernah lelah untuk mengingatkan.


Empat kata ajaib ini—permisi, maaf, tolong, terima kasih—memiliki kekuatan untuk membentuk karakter, budaya yang lebih sopan, harmonis, dan penuh empati. Dengan menggunakan kata-kata ini dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih positif dan saling mendukung. Oleh karena itu, mari kita mulai memperbanyak penggunaan kata-kata ajaib ini kepada anak-anak dan diri sendiri dalam interaksi kita dengan orang lain.

Semoga kita sebagai orang dewasa, mampu memberikan contoh yang baik kepada anak-anak kita, adik, keponakan, anak murid, atau siapa pun mereka agar selalu terbiasa mengucapkan 4 kata Ajaib yang kian memudar ini agar lebih diaplikasikan kembali. Because, this is basic manners for life. Hehe.

Jakarta, 5 Mei 2024. Pukul 13:35. Khairunnisa Ulfah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image