Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Danu Pratama

Khasiat Yang Ada Pada Buah Manggis

Info Sehat | Thursday, 29 Feb 2024, 16:17 WIB

Manggis, juga dieja Garcinia Mangostana Linn dalam bahasa latin, adalah tumbuhan tropis dari Indonesia. Di Indonesia, sebagian besar pohon manggis merupakan tumbuhan liar yang dapat tumbuh hingga setinggi lebih dari 10 meter.

Pohon manggis biasanya mulai berbuah setelah berumur 8-10 tahun. Buah manggis sendiri berwarna putih, dan kulit buah yang matang berwarna ungu kemerahan. Tingkat kematangan buah berdampak besar pada kualitas dan umur simpannya. Semakin matang buahnya, semakin pendek umur simpannya.

1. Bagus Untuk Ibu Hamil

Manggis sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena banyak mengandung asam folat yang diperlukan untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

2. Kaya Dalam Bantuan Sel

Kandungan penguat sel dari buah manggis yang mampu membunuh kaum revolusioner bebas adalah keunggulannya yang paling berkesan. Salah satu nutrisi terpenting dalam manggis adalah antioksidannya yang unik. Radikal bebas atau molekul yang berpotensi berbahaya dinetralkan oleh antioksidan itu sendiri.

Manggis mengandung folat dan vitamin C, dua nutrisi kaya antioksidan. Selain itu, diketahui bahwa anggota keluarga xanthone memiliki sifat antioksidan yang kuat. Efek antikanker, anti-penuaan, dan anti-diabetes dari aktivitas penguatan sel xanthone telah dibuktikan dalam sejumlah penelitian. Ini membutuhkan demonstrasi banyak manfaat kesehatan xanthone.

3. Bisa Mencerahkan Kulit Tubuh

Semua orang menginginkan kulit yang bersinar dan sehat. Selain menggunakan produk perawatan kulit, sangat penting untuk merawat kulit Anda dari dalam ke luar. Manfaat buah manggis yang kedua dan paling jelas adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan kulit.Ekstrak dari buah manggis dapat mengurangi terjadinya peradangan yang menyebabkan penuaan pada kulit. Secara alami, hal ini dapat membuat kulit lebih sehat dan membuatnya terlihat lebih muda.

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat lain yang bermanfaat adalah kemampuan buah manggis untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Xanthones dalam manggis mencegah dan mengatur kadar glukosa dalam tubuh. Kandungan serat buah manggis juga dapat membantu tubuh dalam mengontrol kadar gula darah, begitu juga dengan senyawa xanthone yang berpotensi untuk mengontrol kadar gula darah.

5. Baik Dalam Pencernaan

Manggis merupakan buah yang baik untuk pencernaan dan bisa dimakan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Manggis mengandung serat yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan, dan diet tinggi serat dapat membantu menjaga pergerakan usus secara teratur.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image