Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Arief Rahman Hakim

Bendera Merah Putih Jadi saksi Pelantikan Penggalang Rakit Pramuka MTsN 1 Bantul

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 03 Feb 2024, 14:15 WIB

Bantul (MTsN 1 Bantul) – Nampak ada barisan berbeda diantara barisan pramuka siswa MTsN 1 Bantul. Rapi berjajar dengan tegap dan penuh semangat, barisan tersebut adalah siswa yang akan dilantik menjadi Penggalang Rakit bertempat di lapangan tengah madrasah pada Jumat (2/2/24). Kebanggaan siswa pramuka yang dilantik yang terdiri dari kelas 8 (23 putri dan 1 putra) patut diapresiasi, karena kenaikan tingkat ini harus memenuhi berbagai syarat, diantaranya rajin ikut latihan pasukan sebagai penggalang ramu, mengamalkan Dasadharma serta Trisatya, menyelesaikan ujian-ujian di buku Syarat Kecakapan Umum (SKU ), dan lain sebagainya.

Acara pelantikan ini diikuti oleh semua siswa kelas 8, Dewan Penggalang (DP), dan dipandu oleh pembina pramuka. Dengan khidmat semua peserta mengikuti jalannya upacara pelantikan dari awal sampai akhir. “Selamat pada kalian semua. Untuk yang lain, jadikanlah teman kalian ini sebagai pemicu semangat. Kalian pasti bisa menyusul. Disiplin, kerja keras, kerja sama, teliti adalah kuncinya”, tegas Asih Budiati selaku pembina pramuka saat pengarahan pelantikan mewakili kepala madrasah. Ditempat berbeda, Sugiyono selaku kepala madrasah berpesan agar semua siswa mengikuti arahan dan bimbingan dari pembina pramuka, karena ekstrakurikuler ini bersifat wajib dan memberikan kecakapan hidup pada siswa.

Setelah acara pelantikan, dengan semangat yang menggelora siswa kelas 8 mengikuti kegiatan rutin pramuka sesuai dengan arahan pembina pramuka dan didampingi Dewan Penggalang. “Pasti besok aku yang akan dilantik. Aku gak mau kalah!”, semangat Alya disela-sela mengerjakan tugas kepramukaan. Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib dan harus diselesaikan dengan baik oleh siswa MTsN 1 Bantul yang dilaksanakan setiap Jum’at tiap pekannya. “Ayo, lebih giat dan semangat lagi, semoga yang lainnya segera menyusul untuk dilantik kemudian!”, pekik Rido Lubis pembina pramuka saat memantau peserta pramuka mengerjakan kegiatan -kegiatan yang harus diselesaikan. (nis)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image