Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Add aja

Mengenal Lebih Dalam Tentang Emosi

Gaya Hidup | Wednesday, 10 Aug 2022, 14:56 WIB
Sumber: pixabay

Manusia memiliki emosi yang memicu timbulnya keresahan, kegelisahan, ketegangan, atau stres. Emosi bukanlah suatu hal yang buruk. Emosi merupakan kumpulan perasaan yang ada dalam hati manusia. Berbagai ragam perasaan seperti gembira, sedih, takut, benci, cinta, dan marah merupakan bentuk emosi. Kata-kata “emosi” sering diidentikkan dengan orang yang pemarah. Pengertian tersebut secara awam dikenali dan dipakai oleh banyak orang. Pengertian emosi yang dikaitkan dengan marah, terkadang diidentikkan dengan sifat suku, emosi melekat pada setiap orang. Emosi tidak sekedar menunjukkan orang yang pemarah tetapi merujuk pada sesuatu dan perasaan yang sangat menyenangkan atau sangat mengganggu.

Emosi juga merupakan respon alamiah tubuh manusia dalam menanggapi situasi atau keadaan. Emosi akan mengendalikan tubuh kita sebagai respon dari situasi tersebut. sebagai contoh, saya merasa senang dengan nilai ujian bahasa Inggris saya yang memuaskan setelah belajar di Pare Jawa Timur Kampung Inggris. Perasaan senang ini merupakan emosi yang alamiah sebagai tanggapan tubuh terhadap situasi yang menyenangkan.

Pengertian Emosi

Sumber: pixabay.com

Emosi adalah kecenderungan untuk memiliki perasaan yang kas bila berhadapan dengan objek tertentu dalam lingkungannya. Emosi tidak selalu jelek, emosi memberikan bumbu kepada kehidupan, tanpa emosi hidup ini kering dan gersang, demikianlah kata Jalaluddin Rumi. Jadi emosi adalah kemampuan jiwa untuk menghayati sesuatu itu menimbulkan rasa senang atau tidak senang. Rasa senang meliputi gembira, puas, lega, dan semacamnya, dan rasa tidak senang yaitu malu, marah, jengkel, benci, dan sebagainya.

Perbedaan Emosi dan Perasaan

Sumber: pexels.com

Emosi mempunyai peran penting untuk kehidupan kita. Yang terpenting adalah, emosi merupakan bagian dari gen kita dan mempunyai kesamaan dari orang ke orang serta antar spesies. Emosi bersifat fisik dan berdasarkan insting manusia. Seorang manusia bisa mengenali emosi seperti amarah, kesedihan, kebahagiaan, dan lain – lain karena dia juga dapat merespon sesuatu hal dengan cara yang sama. Emosi membantu manusia untuk merespon keadaan lingkungan secara biokimia, termasuk respon pada penghargaan dan ancaman. Sedangkan perasaan mengikuti kemunculan emosi berdasarkan respons bawah sadar akan emosi yang dialami. Respons ini akan bervariasi berdasarkan keadaan mental, pengalaman, kepercayaan dan ingatan. Perasaan dapat membangkitkan emosi lainnya, dan hal ini akan menjadi suatu siklus tersendiri.

Bentuk-Bentuk Ekspresi Emosi

Sumber: pexels.com

1. Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah atau mimik adalah hasil dari satu atau lebih gerakan atau posisi otot pada wajah. Ekspresi wajah merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal, dan dapat menyampaikan keadaan emosi dari seseorang kepada orang yang mengamatinya. Ekspresi wajah merupakan salah satu cara penting dalam menyampaikan pesan sosial dalam kehidupan manusia, namun juga terjadi pada mamalia lain dan beberapa spesies hewan lainnya.

Ekspresi wajah pada umumnya dianggap sebagai domain yang eksklusif dari penelitian emosi, khususnya untuk ekspresi wajah pada emosi dasar. Orang dapat mengenali emosi melalui tanda-tanda yang terlihat di wajah. Ekspresi wajah tersebut dapat menunjukan rasa gembira, jijik, marah, sedih, takut, dan terkejut. Emosi-emosi ini dapat terlihat melalui gerakan-gerakan otot dari dahi, sekitar mata, hidung dan mulut.

2. Ekspresi Vocal

Ekspresi vokal dapat berupa nada suara dan urutan pengucapan.Biasanya nada suara vokal seseorang akan berubah mengiringi emosi yang dialami. Seseorang yang marah nada suaranya akan meninggi. Mereka yang bahagia akan lepas dan lancar. Sedangkan mereka yang sedih mungkin terbata-bata. Tidak jarang kita tahu emosi yang dialami seseorang hanya dari nada suaranya saja.

3. Ekspresi Emosi dalam Musik

Sejatinya musik adalah ritme bunyi yang harmonis. Musik merupakan alternatif sarana katarsis bagi seseorang. Di dalam musik terdapat melodi, dinamika , suara keras lembut, irama cepat lambat atau elemen-elemen lain. Memainkan alat musik merupakan alternative katarsis bagi seseorang. Dengan musik ia dapat mengatur irama sesuai dengan mood yang dimilikinya. Dengan bermain musik seseorang terlalih mengelola dan mengendalikan emosi secara ritmis. Adapun yang terkandung dalam mendengarkan ritme musik adalah kepekaan mengenali perasaan. Kadang-kadang musik dapat menggugah semangat, menggairahkan, menghilangkan ketegangan atau bahkan untuk sementara dapat memberikan suasana tentram Musik memang merupakan alat bantu untuk mengekspresikan kata hati.

Itulah beberapa hal tentang emosi yang perlu kamu tahu. Emosi merupakan bentuk respon tubuh yang sebenarnya harus kita salurkan agara tidak menjadi masalah, dan tentunya penyaluran emosi ini juga harus menggukan cara yang baik agar tidak menimbulkan masalah yang lain. Maka dengan kita merawat emosi kita, itu sama saja dengan kita merawat kondisi mental. Maka rawat emosimu dengan baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image