Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Bagaimana Caranya Mahasiswa Mengatur Manajemen Waktu?

Edukasi | Friday, 22 Mar 2024, 11:05 WIB
Dhita Pratama Putra dari Prodi Fisika 2020, mahasiswa berprestasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Dok. Istimewa)

Mahasiswa Fisika 2020 Dhita Pratama Putra yang kerap disapa Dhita, membagikan tips betapa pentingnya menyeimbangkan segala hal di dalam hidup. Laki-laki yang pernah menjadi Mahasiswa Berprestasi I tingkat Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Wilayah tahun 2023 ini menjelaskan, dirinya menyusun setiap target selalu dibuat dari jauh-jauh hari.

“Untuk mencapai target di dalam hidup, saya membuat plan A dan B. Jika Plan A tidak bisa maka plan B juga harus dipersiapkan. Jangan pernah takut untuk gagal. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Kita harus mencoba lagi dan lagi karena dalam prosesnya setiap orang akan merasakan yang namanya kegagalan, atau dengan istilah lainnya ‘terbentur, terbentur, dan terbentuk’,” ucapnya.

Selain itu, Dhita juga menuturkan terkait pentingnya organisasi dan prestasi. “Menurut saya organisasi dan prestasi itu penting karena di organisasi kita mendapatkan pelatihan baik dari segi soft skill maupun hard skill. Dua keterampilan tersebut tentu saja akan mendukung prestasi yang kita miliki sehingga organisasi dan prestasi harus seimbang,” tambahnya.

Organisasi dan prestasi dapat bermanfaat besar bagi kita karena kita bisa menjalin relasi. Contohnya saja misalkan kita kenal dengan si A dan ternyata si A memiliki minat bakat yang sama dengan diri kita, ambil saja contohnya desain, dari sana kita bisa menambah relasi di bidang desain dan bisa belajar dengan orang yang pandai di bidang tersebut.

Dhita melanjutkan, “Dari SMP dan SMA, kebetulan saya memang aktif dalam organisasi. Dulu waktu SMP saya jadi ketua OSIS. SMA juga mengikuti OSIS kembali, menjadi kepala bidang 4 dan kepala bidang 6 selama dua tahun. Di sanggar Pramuka, saya pernah menjadi kepala regu. Kesibukan lainnya yakni mengikuti Duta Bahasa di Kabupaten Semarang, dan aktif mengikuti lomba puisi, cerpen, maupun artikel.”

Selama kuliah di UAD, Dhita pun selalu aktif mengikuti organisasi di luar dan di dalam kampus. Mulai dari HIMAFI, Duta Bahasa, ASEAN di bidang desain, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan, karya tulis ilmiah juga menjadi bidang yang ia geluti.

Bagi Dhita orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam perjalanan kehidupannya. Selama menentukan dan mengambil keputusan, tak lupa ia selalu meminta masukan orang tuanya. Selanjutnya setelah memberikan masukan, ia diminta mandiri dalam menentukan setiap keputusan di dalam hidupnya. (Rini)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image