Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nabil Zain

Ini Perbedaan Fungsi, Aplikasi Serta Jenis Kawat Las RB dan RD

Edukasi | Wednesday, 03 Aug 2022, 15:02 WIB

Kawat Las Rb sendiri memiliki peranan dan fungsi yang cukup penting dan kawat las ini bisa digunakan pada berbagai jenis konstruksi pengelasan. Kawat las Rb ini memiliki beberapa jenis yaitu Rb 26. Rb 32, Rb 52, Rb 260. Dari setiap tipe tersebut mempunyai fungsi dan juga harga yang berbeda. Tentunya semakin mahal semakin bagus kualitas yang ditawarkan.

Sedangkan untuk Kawat las Rd ini hanya bisa dimanfaatkan untuk pengelasan yang vertikal seperti mengelas baja-baja konstruksi yang tergolong ringan, sambungan-sambungan alur yang sedikit lebih lebar. Selain itu kawat las ini juga bisa digunakan untuk konstruksi plat baja lainnya dan pengelasan yang berfungsi sebagai pembalut.

Selain Kawat las Rb, kawat las Rd juga memiliki beberapa jenis yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pengelasan. Yaitu ada jenis kawat las Rd 260, Kawat las RD 460.

Perbedaan PSI antara Kawat Las Rb dan Rd

Seperti yang dilansir dari pengelasan.net Kawat las Rb sendiri memiliki kode PSI RB 26 E 6013. Hal ini berarti kawat ini memiliki kekuatan tarik minimal 60 dengan satuan KSI yang mana nantinya jenis komposisi kimia dan flux akan berpengaruh terhadap penetrasi, arus serta polaritas. Maknanya kawat las Rb ini memiliki kemampuan ikatan las yang dibuat sejumlah 60.000 PSI

Sedangkan untuk kawat las Rd ini memiliki kode PSI type LB 52 E7018. Kawat las ini memiliki elektroda dengan kekuatan tarik minimum 70 satuan KSI. Dan memiliki posisi pengelasan vertikal. Artinya kekuatan tarik kawat ini lebih besar daripada Kawat Las Rb yaitu sekitar 70.000 PSI.

Standard Lawat Antara Kawat Las Rb dan Rd

Standard lawat ini sebenarnya digunakan oleh para pengelas hanya untuk menentukan elektroda yang akan dipakainya dan menentukan besaran listrik yang akan diperlukan dalam proses pengelasan. Standard ini sendiri telah ditentukan oleh AWS atau merupakan tubuh pengelasan sah dari Amerika Serikat.

Pada kawat las Rb dan Rd sama-sama memiliki kode awalnya E yang menandakan bahwa kedua alat las ini memiliki standar yang cukup luas dan sudah dipakai pada beberapa negara. Karena kode E mengarah pada informasi kawat las tersebut.

Namun perbedaannya pada angka kawat las ini. kawat las Rb memiliki angka 2 yang bisa digunakan pada status datar dan horizontal. Sedangkan kawat las Rd memiliki angka 3 yang hanya bisa digunakan untuk pengelasan dengan status flat ataupun vertikal saja. Kode-kode ini tentunya telah tercantum pada kotak paket kawat las.

Sehingga sebelum Anda membeli kawat las sangat perlu sekali untuk memperhatikan informasi yang terdapat pada kotak kawat las termasuk pada informasi detail dari elektroda pada kawat las tersebut.

Nah itu tadi merupakan beberapa perbedaan Kawat Las Rb dan Rd yang bisa Anda pahami dan sebagai ilmu pengetahuan tambahan bagi Anda. Sebenarnya masih ada jenis kawat las lainnya yang bisa digunakan dalam sistem pengelasan. Namun ingat Anda harus cermat dalam memilih kawat las.

Setiap jenis kawat las memiliki fungsi dan spesifikasinya masing-masing. Ketika Anda salah memilih kawat las mungkin akan berakibat pada gagalnya pengelasan yang Anda lakukan. Jadi jangan lupa untuk mengecek informasi pada kotak kawat las yang akan Anda gunakan. Dan juga semakin bagus kualitas kawat las maka semakin bagus juga hasil las Anda

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image