Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Kebijakan Pengembangan Akademik Bidang Islamic Studies di Lingkungan PTKI

Edukasi | Wednesday, 17 Jan 2024, 11:23 WIB
Pelaksanaan Studium Generale yang diselenggarakan oleh Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Dok. Ummi Hasanah)

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar studium generale dengan tajuk “Kebijakan Pengembangan Akademik Bidang Islamic Studies di Lingkungan PTKI”. Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., M.T. selaku Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia hadir sebagai pembicara utama. Kegiatan tersebut digelar Selasa, 16 Januari 2024 di Ruang Amphiteater Fakultas Kedokteran UAD.

Prof. Dr. Muchlas, M.T., Rektor UAD dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Dirjen Pendis Kemenag RI ke UAD. “Kami berharap melalui studium generale ini, kami dapat memperoleh pengetahuan yang komprehensif terutama terkait dengan kebijakan dari Kementerian Agama RI terhadap perkembangan akademik bidang islamic studies,” ungkapnya.

“Setelah memahami islamic studies, kami berkeinginan untuk mengajukan dan memperdalam hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan ini. Sehingga sekiranya nanti pemerintah berkenan untuk memberikan izin operasional kepada program studi yang tengah kami ajukan, kami sudah dapat memahami kebijakan-kebijakan yang nantinya bisa derivasi menjadi kebijakan-kebijakan akademik bidang Islam di lingkungan UAD,” imbuh Muchlas.

Sementara itu, Prof. Ahmad Muttaqin, S.Ag., M.Ag., M.A., Ph.D. selaku Badan Pembina Harian (BPH) UAD menyambut baik kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa UAD dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) tidak hanya mengenal Tri Dharma Perguruan Tinggi, tetapi juga mengenalkan Catur Dharma.

“Selain pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, ada satu lagi yakni dharma Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Ini menjadi dharma tersendiri. Oleh karena itu, Studi Islam S-3 menjadi sangat strategis untuk pengembangan dharma keempat di lingkungan PTMA,” ujarya.

Terakhir, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Prof. Muhammad Ali Ramdhani. Ia menjelaskan tentang pendidikan dan manusia. “Sesungguhnya yang sedang kita dilakukan saat ini, melalui lembaga pendidikan, pada dasarnya adalah melakukan ikhtiar untuk memanusiakan manusia, memuliakan manusia, dan memberdayakan manusia. (umh)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image