Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Himas Alhani

Menyuarakan Kesehatan Mental melalui Games Penyuluhan Inspiratif

Edukasi | Friday, 29 Dec 2023, 19:31 WIB
Dokumentasi Cirendeu, 21 Desember 2023,

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta

“Menyuarakan Kesehatan Mental melalui Games Penyuluhan Inspiratif”

Kesehatan mental saat ini, semakin menjadi isu yang mendesak di era modern seperti sekarang ini, terutama di kalangan masyarakat yang tengah berjuang menyesuaikan diri dengan tuntutan hidup yang cepat dan kompleks. Seiring dengan perkembangan zaman, stress dan tekanan yang dialami oleh individu, terutama generasi muda, telah menjadi perhatian yang sangat serius. Banyak kita lihat kasus kasus bunuh diri terhadap mahasiswa yang diakibatkan oleh Kesehatan mental mereka yang sedang tidak baik-baik saja.

Hal ini, membuat beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta mengambil keputusan untuk membawa sebuah perubahan yang positif di lingkungan kampus mereka. Melalui kampanye inovatif yang mereka buat tentang Kesehatan mental, mahasiswa ini tidak hanya mengedukasi sesama mereka tetapi juga, mereka menciptakan gelombang kesadaran yang mendalam.

Campaign ini mereka beri nama “EKSPRESIKAN DIRIMU!”, dimana campaign ini disampaikan dalam sebuah bentuk games yang pengunjung harus menyelesaikan tantangan games yang mereka berikan.

Campaign ini berfokus kepada bagaimana cara mengatasi stigma seputar Kesehatan Mental yang beberapa belakangan ini terjadi di kalangan mahasiswa. Para mahasiswa yang membuat campaign ini menyadari bahwa stigma dapat menjadi sebuah penghalang bagi individu yang membutuhkan bantuan, dan mereka berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kampus yang mendukung.

Seperti yang diucapkan oleh Yudis, salah satu mahasiswa yang membuat program kampanye inovatif tentang Kesehatan mental ini,

“dalam campaign yang kita buat ini, harapan yang kita inginkan adalah, semoga semua kalangan masyarakat terutama kita generasi muda, bisa lebih aware lagi sama diri sendiri, jangan langsung mengambil sebuah keputusan yang begitu cepat, kalau sedang terjadi apa-apa kepada kita, sebaiknya diceritakan ke orang-orang terdekat kita atau mungkin orang-orang yang bisa kita percaya. Salah satu hal lain mungkin lebih banyak melakukan aktivitas kali ya, yang seimbang.”

Campaign yang dilakukan ini, mereka buat di sekitaran kampus, tepatnya di Plaza Fisip UMJ, dan kebetulan Campaign yang mereka buat ini juga berbarengan dengan Acara Milad UMJ yang Ke-68.

Artikel ini kita buat guna memenuhi tugas mata kuliah Komunikasi Psikologi

Himas Alhani 22010400035

Ahmad Syarif 22010400205

Andhika Prasetya Tamtama Putra 22010400018

Muhammad Zarka Riansyah 22010400077

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image