Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Waspada! 5 Penyakit Ini Rentan Menular Saat Momen Tahun Baru

Edukasi | Tuesday, 26 Dec 2023, 21:09 WIB

Tahun baru 2024 akan segera tiba. Hampir semua orang antusias untuk menyambut tahun baru 2024. Namun, belakangan ini beberapa penyakit mengalami peningkatan kasus saat mendekati momen tahun baru. Apa saja penyakit tersebut? Berikut adalah penjelasanya.

1. COVID-19

Kasus COVID-19 kembali mengalami peningkatan yang signifikan sejak awal bulan Desember tahun ini. Berdasarkan situs resmi Kemenkes pada 24 Desember 2023, jumlah kasus terkonfirmasi per harinya mencapai 250 kasus. Hal ini perlu diwaspadai saat merayakan tahun baru. Seperti yang kita ketahui, perayaan tahun baru identik dengan keramaian, dan keramaian inilah yang berisiko menjadi ajang penularan COVID-19.

2. Pneumonia

Pneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae. Penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini termasuk penyakit yang mudah menular karena penularanya bisa hanya lewat percikan liur, misalnya saat seseorang sedang bersin, batuk, maupun berbicara. Untuk itu, berhati-hatilah karena momen tahun baru bisa menjadi wadah penularan pneumonia.

3. Pertusis

Penyakit yang lebih dikenal dengan istilah batuk rejan ini juga rentan menular saat tahun baru karena penularanya hanya lewat udara. Seperti namanya, orang yang menderita pertusis mengalami batuk-batuk sehingga akan menganggu aktivitas, termasuk saat merayakan tahun baru.

4. Flu

Semua orang pasti sudah tidak asing dengan penyakit ini. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Haemophilus influenzae ini mudah ditularkan melalui udara maupun kontak dengan cairan yang mengandung bakteri tersebut. Meskipun tidak membahayakan, flu tetap harus diwaspadai karena dapat mengganggu kenyamanan saat merayakan momen tahun baru.

5. Diare

Banyak orang yang mungkin sudah mengabaikan penyakit ini, padahal momen tahun baru sangat berisiko untuk terjadinya diare. Euforia tahun baru bisa membuat orang mengonsumsi apa saja yang dia inginkan, dan makanan/minuman itulah yang nantinya menyebabkan diare dan justru membuat tahun baru Anda menjadi tidak menyenangkan.

Meskipun penyakit-penyakit tersebut rentan terjadi saat tahun baru, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan masker, selalu mencuci tangan, dan memperhatikan makanan/minuman yang Anda konsumsi. Jangan sampai momen tahun baru Anda menjadi tidak menyenangkan karena menderita penyakit tersebut. Bersenang-senang itu penting, namun menjaga kesehatan itu lebih utama. Semoga tahun baru 2024 dapat membawa manfaat bagi kita semua.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image