Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Marchyel Mahardika

Strategi Membangun Budaya Organisasi

Sastra | Tuesday, 19 Dec 2023, 11:48 WIB

Kehidupan mahasiswa pasti tidak luput dengan organisasi di kampus maupun diluar kampus. Dengan banyaknya kepala didalam satu organisasi, banyak juga budaya dan keberagaman serta sikap dan opini dari setiap kepala tersebut. Namun, terdapat satu hal yang dapat menyatukan itu semua, yaitu budaya organisasi. Budaya organisasi yang kuat akan sangat penting dan berpengaruh kepada jalannya organisasi tersebut untuk jangka panjang. Menurut Edgar Schein, Budaya organisasi adalah sistem yang menyeluruh dari eyakinan, norma, dan nilai yang diterima oleh anggota suatu organisasi yang menentukan bagaimana organisasi tersebut berperilaku.

Namun membangun budaya organisasi yang solid bukanlah hal yang mudah. Menyatukan pendapat dari segala latar belakang setiap anggota merupakan hambatan terbesar dalam terciptanya budaya organisasi yang solid. Pemimpin dan anggota harus mempunyai strategi yang komperhensif dan pemikiran yang sama untuk dapat mencapai nilai-nilai organisasi dan terciptanya tujuan bersama. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa kamu gunakan untuk membangun budaya organisasi :

Melakukan analisis

Analisis yang dimaksud adalah analisis terhadap lingkungan organisasi tersebut seperti sikap dan perilaku serta latar belakang tiap-tiap anggotanya. Analisis ini dapat dimulai dengan memintai pandangan kepada setiap anggota mengenai lingkungan kerja organisasi saat ini. Lalu dapat dilanjut dengan melakukan survei budaya untuk menilai bagaimana perilaku setiap anggota dengan satu sama lainnya. Terakhir, melakukan tahap wawancara. Tahap wawancara dapat membantu pemimpin untuk memilih orang-orang yang sekiranya akan cocok untuk bergabung dan dapat diajak bekerja sama dengan organisasi tersebut.

Menetapkan visi dan misi organisasi

Setelah mengetahui sikap dan perilaku pemimpin maupun setiap anggotanya, organisasi dapat mulai menetapkan visi serta misi yang ingin mereka capai. Visi dan misi yang ditetapkan harus dapat disetujui oleh setiap anggotanya. Dengan adanya visi dan misi, organisasi akan berjalan secara terstruktur sesuai dengan misi yang ada untuk terciptanya visi yang jelas.

Mengembangkan nilai-nilai

Pemimpin harus membuat standar perilaku untuk setiap anggotanya dengan menetapkan nilai-nilai yang menggambarkan visi dan misi yang sudah dibuat. Pemimpin juga harus memastikan bahwa setiap anggotanya menerapkan nilai-nilai yang sudah ada agar budaya organisasi yang telah diciptakan diawal, tetap terjaga dalam organisasi tersebut.

Komunikasi yang aktif

Salah satu kunci efektif untuk membangun budaya organisasi adalah komunikasi yang aktif antar setiap kepala organisasi, entah itu anggota ke pemimpin atau anggota dengan anggota satu sama lainnya. Namun seorang pemimpin harus memastikan bahwa komunikasi dalam organisasi tersebut berjalan dengan ancar. Karena dengan kurangnya komunikasi didalam organisasi, maka akan banyak terjadi kesalahan yang mungkin dimulai dari masalah kecil yang lama kelamaan akan menjadi masalah besar.

Evaluasi secara berkala

Evaluasi harus dapat dilakukan oleh organisasi untuk mengetahui kekurangan, kesalahan dan kelebihan yang dimiliki dan dilakukan oleh organisasi tersebut agar selanjutnya dapat dijadikan pembelajaran serta dapat dirundingkan untuk mencari jalan keluar dari masalah yang di alami oleh organisasi tersebut. Dengan adanya evaluasi, organisasi diharapkan akan berjalan lebih baik dari sebelumnya dengan menyadari kesalahannya dan memperbaikin kerja organisasi tersebut.

Dengan menerapkan strategi-strategi diatas, setiap elemen organisasi dapat menumbuhkan budaya organisasi yang kuat dan positif untuk mendukung berjalannya organisasi tersebut. Diharapkan dengan menetapkan dan menjalankan budaya organisasi yang kuat, pemimpin maupun anggota organisasi tersebut dapat merasakan dampak positif serta keunggulan-keunggulan yang dapat membawa nama organisasi tersebut menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Referensi :

https://pasla.jambiprov.go.id/pengertian-budaya-organisasi-menurut-para-ahli/ https://pakar.co.id/2023/04/28/membangun-budaya-organisasi-yang-kuat/ https://nextleader.id/2021/07/02/membangun-budaya-organisasi-yang-kuat/

Marchyel Mahardika Wibowo Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image