Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image hasbi aswar

Beberapa Poin Kemenangan yang Diraih HAMAS dalam Perang Gaza 2023

Politik | Thursday, 02 Nov 2023, 10:39 WIB

Jika ada yang bertanya, mampukah HAMAS menang dalam perang ini atau apakah Israel yang menang?. Jawabannya adalah tergantung dari sisi mana kita melihat perang ini dan kepentingan yang sedang diperjuangkan.

Kita mesti ingat bahwa ukuran menang kalahnya perang tidak dilihat dari seberapa banyak kehancuran yang diderita oleh pihak musuh satu sama lain, tapi menang itu ukurannya sejauh mana pihak yang berperang mendapatkan kepentingan politiknya. Ini sejalan dengan sebuah adagium politik: War as politics by other means. (Perang sebagai strategi politik untuk mendapatkan kepentingan).

Terkait kemenangan HAMAS, Dan Kurtzer (2023), Mantan Duta Besar AS untuk Israel menyampaikan bahwa “If the war stopped today, or even after Gaza looks like another war zone, Hamas has effectively won” (jika perang berakhir hari ini, atau setelah Gaza terlihat seperti zona Perang yang lain, Hamas telah menang secara efektif).

Menurut Kurtzer, salah satu kemenangan HAMAS dalam perang ini adalah HAMAS berhasil membuat proses normalisasi Arab dengan Israel menjadi terhambat. Kecaman – kecaman keras Saudi terhadap Israel membuat potensi hubungan kedua negara lebih sulit dan butuh waktu lebih lama untuk normalisasi.

Kemenangan HAMAS bukan sekedar itu saja. Sebenarnya, ada banyak yang HAMAS sudah raih dari perang ini meski perang belum terakhir dan korban dominan jatuh di pihak masyarakat sipil Gaza.

Kemenangan Pertama, masuknya pejuang HAMAS 07 Oktober berhasil meruntuhkan mitos Israel yang tak tertembus dengan kekuatan intelijen terkuat beserta sistem pertahanan iron domes, serta dukungan militer tanpa syarat dari AS (negara terkuat di dunia).

Kemenangan Kedua, Serangan HAMAS membuat politik domestik terpecah. Sejak hari pertama serangan sampai saat ini. Kritikan terus berdatangan bukan hanya dari publik tapi juga dari elit – elit politik Israel. Mereka menyatakan bahwa ini adalah kesalahan Netanyahu yang terlalu ekstrim terhadap masyarakat Palestina sehingga membuat HAMAS terprovokasi dan melakukan serangan. Desakan – desakan internal untuk gencatan senjata sampai saat ini terus terjadi.

Kemenangan Ketiga, Serangan dan infiltrasi HAMAS juga membuat banyak warga Israel berlarian meninggal negaranya. Ini kedepan akan berdampak pada rasa tidak aman masyarakat untuk tetap bertahan di Israel, dan hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap sistem keamanan Israel dan pemerintahnya. Ini akan berdampak buruk pada politik domestik Israel ke depan.

Kemenangan keempat: Kemampuan militer HAMAS untuk memborbardir Israel serta kemampuannya untuk membangun kekuatan militer membuktikan lemahnya intelijen Israel, kekuatan militer, drone, alat sadap, serta berbagai alat canggih Israel untuk mencegah HAMAS memperkuat diri selama ini.

Kemenangan kelima: Perang dunia maya antara HAMAS dan Israel selalu dimenangkan oleh HAMAS. Betatapun besar upaya Israel untuk menyampaikan bahwa ini adalah hak membela diri HAMAS sang teroris, dan human animal, Tetap saja publik dunia, menganggap Israel yang paling bersalah, pembantai dan harus disanksi. Jutaan warga yang aksi diseluruh dunia termasuk Eropa dan Amerika menkonfirmasi hal ini.

Kemenangan keenam: Serangan HAMAS juga menganulir berbagai propaganda elit – elit politik Arab yang mengungkapkan bahwa Normalisasi Israel – Arab untuk kepentingan perdamaian Palestina. Terbukti, dari pembantaian yang terjadi hampir sebulan ini, bahkan membuka jalur bantuan masuk saja ke Gaza, Arab terlihat tidak mampu melakukan apa – apa.

Kemenangan Ketujuh: Israel bisa eksis dan kuat karena dukungan tanpa syarat dari AS dengan kekuatan militer terupdate dan terkuat di dunia. Serangan HAMAS terhadap Israel adalah bukti bahwa AS tidak sekuat itu dan tak terkalahkan. Sekali lagi AS dipecundangi, setelah dipermalukan oleh Taliban tahun 2021.

Kemenangan Kedelapan: Serangan HAMAS dan pembantaian Gaza menunjukkan gagalnya sistem internasional PBB, Hukum Internasional, HAM, dan Globalisasi dalam menciptakan dunia yang lebih baik. Terbukti sekali lagi bahwa dunia masih dikuasai oleh aktor – aktor dunia yang jahat dan mendukung kejahatan. Ini juga sekaligus edukasi ke publik global terhadap kegagalan – kegagalan sistem dan aktor dunia modern saat ini.

Sekian kemenangan – kemenangan yang bisa saya list dalam perang ini. Jika ada yang bertanya, mungkinkah HAMAS menang dengan memaksa Israel menyerah dan Palestina merdeka. Saya kira itu bisa terjadi jika, Israel kelelahan, jumlah pasukan yang semakin terkuras, ekonomi anjlok dan gempa politik domestik terjadi. Untuk saat ini belum ada tanda – tanda menuju ke sana. Apalagi AS sebagai donator utama masih setiap mendukung. Kecuali AS juga mulai lelah, dan berhenti mendukung Israel.

Sebagai kesimpulan, HAMAS dalam perang ini menunjukkan bahwa kelompok ini semakin kuat dan akan terus memperkuat diri di hari - hari yang akan datang dan satu saat nanti akan mengambil alih kembali Tanah Palestina dari penjajah Zionis serta menjadikan Palestina sebagai tanah untuk pemeluk tiga agama yang hidup harmonis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image