Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

7 Alasan Mahasiswa Mesti Belajar Menulis

Edukasi | Saturday, 28 Oct 2023, 10:24 WIB

Mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi sudah semestinya mampu menunjukkan eksistensinya sebagai kalangan berpendidikan dan memiliki pengetahuan yang luas. Karenanya, sudah tentu ia akan dinilai dari kemampuan yang dimiliki sehingga terlihat secara kentara dari apa yang telah dihasilkan sebagai karya yang bersangkutan.

Menulis sangat berguna bagi yang melakukannya (Dokumen Pribadi)

Karenanya, salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa adalah mampu menulis di dalam menguraikan pemikirannya ke dalam sebuah tulisan. Kadang naif rasanya jika seorang mahasiswa tak bisa menulis sebab hal itu sangat terkait erat dengan kuliah yang tengah dijalankannya.

Tak salah jika tulisan patut menjadi renungan bagi para mahasiswa agar bisa memiliki nilai tambah di saat menjalani perkuliahannya.

-Sebagai Manusia Pandai

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. -Pramudiya Ananta Toer-

Penulis ternama tersebut telah mengisyaratkan jika memang ingin hadir di tengah masyarakat dan tetap berada dalam sejarah maka biasakan menulis. Maka dengan menulis seorang mahasiswa akan mampu mengembangkan ide dan gagasannya setidaknya ia akan dikenal melalui kemampuannya di bidang kepenulisan dan bagi mereka yang pandai menulis maka takkan rugi jika mendalaminya.

-Menumbuhkan Budaya Literasi Secara Personal

Indonesia memiliki budaya literasi yang masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Karena itu dengan banyaknya mahasiswa yang rajin menulis setidaknya akan menumbuhkan budaya literasi secara personal dan ikut pula mendukung pertumbuhan budaya literasi yang ada di kampus itu sendiri.

Kebiasaan menulis mahasiswa jelas akan mendukung budaya baca mahasiswa itu sendiri. Maka dari itu sebagai mahasiswa yang haus belajar, tak salah jika kegemaran membaca dan kebiasaan menulisnya seimbang sehingga selain kelak lulus secara baik juga memiliki nilai lebih dalam dunia literasi.

-Untuk Membiasakan Agar Memudahkan Skripsi

Pada akhir kuliah biasanya ada keharusan membuat skripsi walaupun sekarang ini ada aturan baru bahwa mahasiswa ada pilihan lain selain skripsi sebagai tugas akhirnya. Tetapi bagi mereka yang memilih skripsi tentu saja meski memiliki kemampuan menulis yang baik agar bisa membuat tugas skripsinya lancar dan juga baik.

Jika terbiasa menulis maka akan tahu seluk beluk bagaimana mengumpulkan bahan tulisan, meramunya sampai menuangkannya ke dalam tulisan. Bukankah hal ini sesuatu yang menguntungkan bagi seorang mahasiswa ?

-Bisa Membantu Pembuatan Jurnal/Majalah di Kampus

Boleh jadi kurangnya penerbitan jurnal atau majalah kampus kerap bukan saja karena faktor finansial semata tetapi ada kalanya kekurangan SDM di bidang kepenulisannya sehingga sulit menerbitkannya dengan sebab kekurangan tulisan.

Tentu saja hal ini akan teratasi jika banyak mahasiswa yang mampu menulis bidang tertentu yang sangat dibutuhkan untuk penerbitan jurnal atau majalah kampus itu sendiri.

-Buat Menambah Penghasilan

Terkadang mahasiswa membutuhkan uang tambahan untuk kebutuhan kuliahnya. Maka dari itu menulis jika ditekuni akan menghasilkan uang atau cuan. Banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan agar mahasiswa yang bersangkutan bisa menghasilkan uang.

Selain media cetak, juga media online banyak pula yang membayar penulisnya ketika tulisannya dimuat. Bisa menjadi penulis ide cerita, penulsi resensi, penulis artikel atau ghost writer sekalipun.

-Mengasah Kemampuan Diri

Yang tak kalah penting saat membiasakan menulis adalah mengasah kemampuan diri. Dengan memiliki bakat menulis yang terus diasah dengan berlatih tidak menutup kemungkinan akan membuat mahasiswa yang bersangkutan menjadi penulis handal dan ketika lulus kuliah selain mendapatkan gelar sarjana, yang bersangkutan bisa juga menjalani profesi menulis yang kemudian bisa menghasilkan uang dari menulsi artikel atau menulis buku.

-Pendukung Untuk Mendapatkan Beasiswa

Tak dipungkiri kadang sebuah Lembaga pemberi beassiswa yang akan memberikan beassiswa kepada mahasiswa yang mengiktui seleksi, salah satunya selalu diberi tugas membuat esai atau tulisan opini sebagai penilaian terhadap pemikiran yang dimilikinya.

Karenanya takkan merugi jika seorang mahasiswa mampu menulis sebab dengan menulis mahasiswa itu kan semakin maju dan mendapatkan sesuatu yang bernilai bagi kehidupannya.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image