Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Juraida Titin Marliana

Pengaruh Permintaan dan Penawaran Terhadap Keseimbangan Pasar Sempurna

Edukasi | Friday, 27 Oct 2023, 00:16 WIB
Sumber : Sonora.id

1. Pengertian permintaan

Permintaan (demand) adalah jumlah barang yang ingin dibeli konsumen pada periode tertentu dengan berbagai tingkat harga. Dimana konsep dasar fungsinya berupa “kuantitas (ukuran nilai ) yang diminta dengan himpunan khusus yang memengaruhinya”.

Secara matematis ditulis : Qdx = f(px,1,Pr,T,N,A )

Keterangan :

Qdx : komoditas yang diminta

F : nilai mendatang

Px : harga produk x

Pr : harga produk lain yang berhubungan

T : selera konsumen

A : pengeluaran iklan

Dari rumus diatas dapat diketahui bahwa permintaan (komoditas yang diminta) di pengaruhi oleh nilai produk di masa mendatang, harga produk yang dijual, harga produk lain yang saling berhubungan dan bergantung juga pada selera konsumen tersebut.

2. Penawaran

Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin jual kepada konsumen pada berbagai tingkat harga dan waktu tertentu. Dimana fungsi penawarannya terlihat dari hubungan secara matematis dengan faktor yang memengaruhinya yaitu harga barang, barang yang terkait, faktor produksi, biaya produksi, teknologi, jumlah pedagang dan kebijakan pemerintah.

Secara matematis di tulis : Qsx= F (Px,Py,Pi,(tek,Ped,Kebij)

A. Peran permintaan dan penawaran terhadap keseimbangan pasar sempurna

Pasar sempurna merupakan sebuah kondisi pasar dimana pembeli dan penjual jumlahnya sangat banyak dengan barang yang dijual sejenis atau homogen. Contohnya pasar persaingan sempurna pada pasar tradisional terdapat berbagai macam penjual mulai dari sembako,pakaian dan emas.

Hal ini menyebabkan penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga keseimbangan pasar, tetapi di pengaruhi oleh permintaan dan penawaran karena di pasar sempurna tersebut barangnya mayoritas sejenis sehingga setiap pembeli melakukan permintaan melihat dari faktor permintaan yaitu harga produk lain yang terkait.

Keseimbangan pasar sendiri merupakan kondisi dimana jumlah permintaan dan penawaran setara antara satu sama lain, yang membuat harga dan kuantitas produk stabil dan keadaan pasar baik dari segi pembeli maupun penjual terkendali secara ekonomi.Apabila permintaan turun maka diharapkan penawaran juga turun dan sebaliknya agar tetap seimbang dan tidak terjadi kelebihan ataupun kekurangan pada permintaan dan penawaran.

B. Pengaruh Keseimbangan Harga Bagi Produsen Dan Konsumen

Tidak hanya agar harga pasar stabil, keseimbangan pasar juga berdampak pada penjual dan pembeli yaitu :

· Membantu Penjual untuk mengetahui keinginan pembeli

· Memberikan gambaran bagi penjual agar bisa berinovasi terhadap produk

· Membuat konsumen bebas memilih harga dan kualitas terbaik

· Mendukung dalam menentukan teknologi yang memudahkan dalam proses produksi

· Mengetahui apa yang di perlukan penjual maupun pembeli

Dari penjelasan diatas dapat di simpulkan bahwa, permintaan dan penawaran memengaruhi keseimbangan pasar sempurna yang berdampak positif bagi penjual maupun pembeli karena harga produk stabil dan tidak merugikan pihak manapun.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image