Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Yusainun Azizah

Transformasi Jasa Layanan Keuangan terhadap Gesekan Ekonomi Digital

Edukasi | Thursday, 19 Oct 2023, 10:49 WIB

Sektor keuangan merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan dengan perkembangan ekonomi digital. Penerapan teknologi juga bukanlah hal yang baru pada sektor keuangan. Pada awal abad ke-20, digitalisasi pada industri keuangan ini sudah ditandai dengan tingkat komputerisasi yang relatif tinggi, karena sebagian besar jasa keuangan tidak lagi berwujud.

Transformasi layanan keuangan digital semakin menunjukkan peningkatan signifikan yang akan berlangsung dalam jangka waktu panjang seperti pembayaran non tunai, investasi, asuransi digital, buy now pay later, dan transfer dana. Sehingga transformasi jasa layanan keuangan berpengaruh positif terhadap gesekan ekonomi digital.

Gesekan ekonomi digital merujuk pada hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku ekonomi digital dalam mengakses layanan keuangan, bertransaksi, dan berpartisipasi dalam ekonomi digital secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa cara di mana transformasi jasa layanan keuangan berdampak positif terhadap gesekan ekonomi digital :

1. Inklusi Keuangan

Transformasi jasa layanan keuangan telah membantu meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia dengan memungkinkan lebih banyak orang untuk mengakses dan menggunakan layanan keuangan. Ini termasuk layanan perbankan, pembayaran digital, dan asuransi. Akibatnya, lebih banyak orang dapat berpartisipasi dalam ekonomi digital. Menurut hasil penelitian zturk dan Ullah (2022) dengan sampel 42 negara anggota one belt road initiation (OBRI) tambahan Tay, Tai dan Tan (2022) juga menemukan bahwa negara berkembang, khususnya negara-negara Asia mendukung dan mendorong inklusi keuangan digital dalam rangka mengurangi kemiskinan.

2. Pembayaran Digital

Layanan pembayaran digital seperti dompet digital, kartu prabayar, dan QR code telah menjadi lebih umum di Indonesia. Ini telah membantu mengurangi ketergantungan pada uang tunai dan memfasilitasi transaksi online dan offline. Transaksi menjadi lebih mudah dan cepat, mengurangi gesekan dalam proses pembayaran.

3. Fintech

Perkembangan industri fintech (financial technology) telah membawa inovasi ke layanan keuangan di Indonesia. Fintech telah memungkinkan pembiayaan peer-to-peer, pinjaman tanpa jaminan, dan layanan keuangan berbasis teknologi yang memungkinkan pelaku ekonomi digital untuk mendapatkan akses ke modal usaha dengan lebih mudah.

4. Keamanan dan Perlindungan Konsumen

Transformasi jasa layanan keuangan juga mencakup peningkatan keamanan transaksi dan perlindungan konsumen. Ini memberikan rasa percaya kepada pengguna dalam bertransaksi secara online, mengurangi gesekan terkait dengan risiko keamanan.

5. Literasi Keuangan

Peningkatan literasi keuangan juga merupakan bagian dari transformasi ini. Peningkatan pemahaman masyarakat tentang pengelolaan keuangan pribadi dan penggunaan layanan keuangan digital telah mengurangi hambatan dalam mengadopsi teknologi keuangan.

6. Akses Ke Layanan Keuangan di Daerah Terpencil

Transformasi jasa layanan keuangan juga telah membantu mengatasi hambatan geografis. Layanan keuangan digital dapat diakses di daerah terpencil yang sebelumnya sulit dijangkau oleh lembaga keuangan tradisional, sehingga memperluas inklusi keuangan di seluruh negeri.

7. Dukungan Regulasi

Pemerintah memainkan peran penting dalam mendukung transformasi jasa layanan keuangan dengan merancang regulasi yang mendukung perkembangan ekosistem keuangan digital yang sehat dan inovatif.

Selain itu, beberapa keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan sektor keuangan akibat transformasi jasa layanan keuangan yaitu mengurangi ketidaksempurnaan informasi, memungkinkan penyesuaian layanan keuangan untuk membangun pasar sempurna, dan mengurangi biaya marjinal dalam memproduksi jasa keuangan.

Kesimpulannya, uraian-uraian diatas menggambarkan peranan positif dari transformasi jasa layanan keuangan terhadap gesekan ekonomi digital. Walaupun, masih ada tantangan yang harus diatasi, termasuk perlindungan data, privasi, serta pemahaman dan literasi keuangan yang lebih baik di kalangan masyarakat. Namun, perkembangan yang telah terjadi telah menunjukkan bahwa peran jasa layanan keuangan sangat penting dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi digital.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image