Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Menginternasionalisasikan PCIM dan IKMI Korea Selatan dengan Pengembangan Sistem Informasi

Edukasi | Tuesday, 17 Oct 2023, 09:41 WIB
Tim pengabdian internasional UAD bekerja sama dengan PCIM dan IKMI Korea Selatan melakukan pengembangan sistem informasi dan pemanfaatan media sosial (Dok. Fitrinanda)

Tim pengabdian internasional Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Korea Selatan dan Ikatan Keluarga Muslim Indonesia (IKMI) Korea Selatan melakukan internasionalisasi berupa pengembangan sistem informasi dan pemanfaatan media sosial.

Kegiatan yang berlangsung pada Ahad, 15-10-2023, di Masjid Al Falah, Seoul, ini dihadiri oleh pengurus PCIM Korea Selatan, Rumah Muslimah Indonesia (Rumaisa), dan IKMI Korea Selatan. Dalam pengembangan sistem informasi, tim pengabdian UAD yang diketuai oleh Intan Rawit Sapanti, S.Pd., M.A., bersama dosen Ilmu Komunikasi dan Teknik Informatika membuatkan Website sebagai sarana informasi organisasi PCIM Korea Selatan. Laman website itu bernama https://muhammadiyahkorea.org/.

Selain itu, tim pengabdian UAD juga mengadakan pelatihan pembuatan konten videografi kreatif yang disampaikan oleh Fitrinanda An Nur, S.I.Kom., M.A. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi inovasi dalam memanfaatkan media sosial sebagai medium untuk menyampaikan informasi positif. Menurut Bahy Helmi Hartoyo Putra, Ketua IKMI Korea Selatan, pemenuhan arus informasi harus dikemas dengan menarik, terutama bisa memanfaatkan media yang paling dekat, yaitu media sosial.

Lebih lanjut, dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan pemenuhan kebutuhan sistem informasi dan pembuatan konten informasi, baik PCIM dan IKMI dapat saling bersinergi untuk memproduksi konten antara di media sosial dan website yang telah dibuatkan oleh tim pengabdian UAD.

Ahmad Rajali, M.H.I., Ketua PCIM Korea, menuturkan bahwa “Kegiatan ini sangat baik, pelatihan membuat konten dan pembuatan website untuk memenuhi kebutuhan kami sebagai sarana saling bertukar informasi dan promosi organisasi,” ujarnya.

Selanjutnya, implementasi kerja sama antara UAD dengan PCIM Korea Selatan diharapkan tidak hanya pada pengabdian masyarakat, tetapi juga dapat berlanjut untuk pengembangan pada ranah penelitian dan KKN Internasional. (Doc)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image