Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Mengenal Khasiat dan Pengelolaan Tanaman Herbal

Edukasi | Monday, 16 Oct 2023, 09:51 WIB
Sosialisasi Manfaat Tanaman Herbal kepada Warga PCIA Malaysia oleh Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Dok. Istimewa)

Malaysia dan Indonesia merupakan negara yang memiliki karakteristik geografis yang tidak jauh berbeda, salah satunya memiliki potensi tanaman obat yang dapat di manfaatkan untuk menjaga kesehatan secara mandiri melalu produk makanan maupun minuman.

Mengingat keberadaan warga ‘Aisyiyah di Malaysia yang mayoritas memiliki latar belakang Indonesia, mendorong Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan program edukasi mengenai khasiat dan pengelolaan tanaman obat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Lewat implementasi Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional dan pendanaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD, pelaksanaan program ini bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) Malaysia.

Pada Ahad, 20 Agustus 2023, tim PkM Internasional ini sukses menggelar edukasi yang terbagi dalam tiga sesi secara daring dan mendapat respons positif serta antusias lebih dari 20 peserta, baik sebagai pengurus maupun anggota PCIA Malaysia.

Di mana, sesi pertama difokuskan pada pelatihan pengenalan berbagai jenis tanaman obat dan manfaatnya dipandu oleh Dr. apt. Iis Wahyuningsih, M.Si., dilanjut sesi kedua membahas proses pengolahan tanaman obat untuk meningkatkan imunitas tubuh oleh Yunda MR, MSc., dan sesi ketiga berfokus pada edukasi mengenai cara memproses tanaman obat dengan benar, yang disampaikan oleh Dr. apt. Arif Budi Setianto, MSi.

Selanjutnya, program edukasi ini akan berlangsung pada tahap pelatihan dan praktik pengolahan tanaman herbal untuk meningkatkan imunitas keluarga, yang akan dilaksanakan di Rumah Dakwah PCIA, Kuala Lumpur, Malaysia, pada tanggal 15 Oktober 2023.

Melalui program ini, tim PkM Internasional Farmasi UAD berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengolahan tanaman obat pada warga PCIA Malaysia. Sehingga, dari sebagian warga Aisyiyah di Malaysia yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan kemungkinan akan kembali ke Tanah Air sudah memiliki modal untuk dikembangkan dalam bentuk usaha mandiri. (Doc)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image