Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

UAD Beri Beasiswa 1 Miliar kepada Maba Fakultas Kedokteran

Edukasi | Tuesday, 11 Jul 2023, 08:36 WIB
Penyerahan beasiswa 1 Miliar dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kepada Alumnus SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Foto: Humas dan Protokol UAD)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memberikan beasiswa sebesar 1 miliar rupiah kepada salah satu alumnus SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Dr. Muchlas, M.T. selaku Rektor UAD mengatakan bahwa pemberian beasiswa tersebut bertujuan untuk membantu akses terhadap anak berprestasi dalam menggapai cita-cita yang ingin diraih.

Muchlas memberikan sambutan dalam acara Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) IPM pada Senin, 10 Juli 2023. Ia menambahkan, pemberian beasiswa itu selain untuk menggapai cita-cita yang ingin diraih, melanjutkan pendidikan di UAD juga sebagai memperluas wawasan tentang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

“Beasiswa yang kami berikan pada hari ini kepada Ananda Syaldan Bayu Yuska, alumnus SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, adalah sebesar 1 miliar rupiah untuk digunakan menempuh studi di Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran UAD,” jelas Muchlas.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa adanya pemberian beasiswa tersebut juga sebagai ajang mempromosikan kampus UAD kepada alumni SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang ingin melanjutkan pendidikannya. Muchlas membeberkan setiap beasiswa yang akan diberikan harus melalui proses seleksi yang sangat ketat hingga menemukan seseorang yang layak untuk diberikan.

“Tapi ini sangat kompetitif ya, perlu saya sampaikan bahwa beasiswa ini memiliki 500 lebih pendaftar. Setelah diperas kemudian diperas lagi, muncullah perwakilan dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta untuk kami berikan beasiswa,” ujarnya.

Muchlas mengharapkan adanya pemberian beasiswa sebanyak satu miliar rupiah dapat menjadi motivasi bagi siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta untuk terus berkembang. Sehingga, kata dia, hal tersebut dapat menjadi potensi setiap siswa untuk ke depannya agar bisa mendapatkan beasiswa yang sama.

“Kami akan sampaikan kepada SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan mudah-mudahan adik-adik ini nanti di 3 tahun mendatang bisa memperoleh hal yang sama ya,” tuturnya.

Muchlas juga menyampaikan bahwa beasiswa bisa didapatkan dengan mudah jika siswa memiliki kompetensi dan prestasi yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Ia membeberkan terdapat berbagai macam beasiswa yang bisa didapatkan di UAD di antaranya beasiswa full scholarship, beasiswa Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), beasiswa uang gedung, beasiswa dari keluarga Persyarikatan Muhammadiyah, hingga beasiswa talenta bakat.

“UAD menyediakan berbagai beasiswa. Ada beasiswa full scholarship, beasiswa penuh tidak membayar 1 rupiah pun, beasiswa yang diberikan SPP-nya saja, beasiswa yang diberikan uang gedungnya saja, beasiswa yang berasal dari keluarga Persyarikatan Muhammadiyah, juga beasiswa yang berhubungan dengan talenta bakat kita,” ujarnya. (Han)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image