Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image selviana samudera

Otonomi Daerah Dalam Upaya Pemerataan Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat

Politik | Wednesday, 28 Jun 2023, 23:31 WIB
Sumber Gambar : Radioidola

Pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu tujuan dari adanya pelaksanaan otonomi daerah, karena dengan melalui kebijakan otonomi daerah, pemerintah daerah mendapatkan kewenangan dan tanggungjawab untuk mengurus dan mengatur sendiri urusan wilayahnya, yang berarti pemerintah daerah dapat mengambil keputusan dan mengelola sumber daya yang ada semaksimal mungkin sesuai dengan kondisi daerahnya masing-masing.

Indonesia merupakan negara dengan ribuan kepulauan, tentunya membuat pemerintah pusat kesulitan jika harus mengurus sendiri semuanya yang berakibat tidak meratanya implementasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Otonomi daerah yang dilakukan memberikan keleluasaan bagi pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan di daerahnya seperti hal nya pembuatan kebijakan, pemerintah daerah lebih mengetahui dan memahami seperti apa kondisi daerahnya dan apa saja kebutuhannya sehingga pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih tepat.

Otonomi Daerah membuat paemerintah daerah dapat membuat skala prioritas dalam membangun daerahnya dengan merancang dan menyesuaikan program-program pembangunan sesuai dengan kebutuhan nya, setiap daerah tentu memiliki kebutuhan dan prioritasnya masing-masing, terdapat daerah yang sudah baik dibidang pendidikan tapi lemah dibidang kesehatan begitu pun sebaliknya, oleh karena itu dengan adanya penyesuaian program ini, pembangunan akan lebih terarah sesuai dengan prioritasnya sebab pemerintah memiliki tanggungjawab untuk dapat memberikan kesempatan dan akses yang merata di berbagai bidang bagi semua masyarakat, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, akses air bersih, infrastruktur sampai dengan perumahan yang layak huni.

Kewenangan yang dimiliki oleh pemerintah daerah juga terkait dengan pengelolaan anggaran daerah, pemerintah daerah harus dapat mengelola anggaran dengan baik, melakukan alokasi dana dengan merata ke semua sektor dan wilayah yang ada dengan adil. Selain pengelolaan anggaran, pemerintah juga memiliki kewenangan terhadap pengelolaan sumber daya ekonomi di daerahnya, memastikan, mendorong dan mendukung pengembangan sektor ekonomi. Memberikan perluasan akses dan pelung yang sama serta memberikan bantuan dan jaminan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu. Dukungan yang diberikan pemerintah daerah dengan berbagai cara sangat membantu masyarakat yang khususnya dibawah garis kemiskinan sehingga kesenjangan sosial dapat berkurang, serta peluang pekerjaan yang diberikan juga dapat membuat pendapatan masyarakat meningkat dan pengangguran menurun sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

Dengan adanya otonomi daerah ini diharapkan pemerintah daerah dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan wilayahnya, karena setiap daerah memiliki kondisi karakteristik dan rintangannya masing-masing, sehingga pemerintah daerah harus dapat mencari cara dan solusi yang tepat untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada, selain itu pemerintah harus dapat mendorong dan melibatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan, melalui pendekatan-pendekatan yang kreatif agar masyarakat dapat tertarik untuk turut serta memajukan daerahnya. Pemberdayaan masyarakat juga harus dilakukan oleh pemerintah daerah, memberikan mereka pengetahuan dan akses-akses untuk mengembangkan dirinya terutama untuk daerah-daerah yang tertinggal.

Otonomi daerah memberikan dampak yang baik terhadap pemerataan pembangunan dan mengurangi adanya kesenjangan antar wilayah, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang matang sesuai dengan kondisi daerah membuat kesejahteraan masyarakat meningkat sehingga stabilitas sosial dan keamanan terjaga karena ketidakmerataan pembangunan akan membuat munculnya banyak konflik sosial dan ketidakpuasan. Oleh karena itu dengan adanya otonomi daerah, pemerintah dapat menciptakan suasana atau kondisi yang lebih baik dan stabil, sebab semua masyarakat merasa memiliki hak dan kesempatan yang sama.

Nama : Selviana Samudera

NPM : 20210110200021

Administrasi Publik

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image