Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Muhammadiyah dan Cara Berpikir Ahmad Dahlan

Edukasi | Friday, 16 Jun 2023, 08:14 WIB
IMM FAST Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan kajian diskusi Kemuhammadiyahan (Foto: Istimewa)

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) merupakan organisasi otonom Muhammadiyah yang bertujuan untuk membentuk akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan persyarikatan Muhammadiyah. Selaras dengan tujuan itu, tak lupa juga untuk mengenal apa itu sebenarnya Muhammadiyah, bagaimana ideologinya, serta tak luput juga cara pandang pendirinya yaitu K.H. Ahmad Dahlan yang mempunyai visioner hebat dalam membangun Islam berkemajuan. Maka dari itu, kita perlu mengenal 2 komponen tersebut agar perjuangan ikhlas tertanam dalam hati sanubari kader.

Sejalan dengan hal tersebut, IMM Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan kegiatan “SHARE” (Sharing Sessions) #3 dengan mengangkat tema “Mengenal Muhammadiyah dan Cara Berpikir K.H. Ahmad Dahlan”. Kegiatan dihadiri oleh Ustaz Budi Jaya Putra, S.Th.I., M.H. selaku narasumber, Pimpinan Komisariat, serta kader IMM lintas angkatan.

Mengutip dari yang disampaikan K.H. Ahmad Dahlan tentang bagaimana agama dilaksanakan agar menjadi penyinar dalam lingkungan, “Janganlah kamu berteriak-teriak sanggup membela agama dengan menyumbangkan jiwamu sekalipun. Jiwamu tak usah kamu tawarkan, kalau Tuhan menghendakinya, entah dengan jalan sakit atau tidak, tentu kamu akan mati sendiri. Namun, beranikah kamu menawarkan harta bendamu untuk kepentingan agama? Itulah yang lebih diperlukan pada waktu sekarang ini.”

Menariknya, diskusi ini berjalan secara 2 arah. Ustaz Budi memberikan analogi yang jelas dan logis, “Bagaimana Muhammadiyah bisa sebesar sekarang?” tanyanya. Singkatnya, “K.H. Ahmad Dahlan mengawalinya dengan ajaran kesadaran dalam kemurnian beribadah dan berani mempertaruhkan harta secara ikhlas sehingga dapat berdiri beratus-ratus amal usaha sampai sekarang ini,” ucap Kepala Bidang Tarjih UAD itu.

Sementara itu, Thoriqin Maulana Ishaq selaku Ketua Bidang Kaderisasi turut menyampaikan, “Acara ini merupakan bentuk implementasi dari program kaderisasi yang kami rancang untuk menanamkan nilai-nilai ideologi Muhammadiyah serta upaya IMM FAST dalam membentuk kesadaran beramal serta keikhlasan untuk menjadi kader Muhammadiyah.” (roy)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image