Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Najwa Khaerunisa

Korelasi Mental Health dan Insecure pada Gen Z

Edukasi | Wednesday, 17 May 2023, 10:30 WIB

Istilah mental health dan insecure tentunya sudah tidak asing lagi untuk di dengar, terutama bagi kalangan remaja. Mental health merupakan bagian dalam diri seseorang, dimana seseorang tersebut dapat merasakan kondisi keamanan dan kedamaian dalam dirinya. Sedangkan insecure adalah perasaan cemas dan tidak aman yang muncul dalam diri individu. Mental health dan insecure memiliki keterkaitan sebab-akibat yang terbagi ke dalam dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal.

Faktor internal dalam hal ini muncul karena adanya tekanan dalam diri individu. Perasaan kesepian yang dialami oleh seorang remaja dapat memicu terjadinya depresi. Kemudian depresi yang berlebihan akan menimbulkan gangguan pada mental health remaja tersebut. Mental health yang terganggu dapat membuat cara berpikir, berperasaan bahkan bertindak seorang remaja terpengaruhi. Mereka mulai berpikir dan merasa bahwa mereka lebih rendah dibandingkan orang lain, yang mana perasaan ini dapat menimbulkan insecure dalam diri mereka.

Selanjutnya yaitu faktor eksternal, faktor yang muncul karena pengaruh lingkungan keluarga, teman, ataupun orang sekitar. Ketidakharmonisan yang terjadi dalam suatu keluarga menjadi penyebab insecure bagi seorang remaja karena mereka cenderung akan membandingkan keluarga mereka, baik dengan keluarga teman maupun keluarga orang lain yang lebih harmonis. Selain itu, ucapan tidak baik yang keluar dari mulut orang-orang disekitarnya juga dapat membuat mereka merasa insecure. Rasa insecure yang tertanam dalam diri remaja tentunya akan membuat mereka merasa tertekan dan jika hal itu dibiarkan maka akan memicu terjadinya stress. Akibatnya, stress ini akan menimbulkan gangguan pada mental health mereka.

Mental health membawa pengaruh dan perubahan besar untuk perilaku seorang remaja dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Perasaan insecure yang muncul dalam diri seorang remaja akan membuat mental healthnya terganggu. Hal ini dikarenakan insecure yang terpendam dalam diri mereka akan membuat mereka tidak dapat merasakan keamanan dan kedamaian dalam dirinya. Oleh sebab itu, sebagai seorang remaja mulailah untuk menjaga mental health dengan mengurangi dan menghilangkan rasa insecure pada diri individu karena sejatinya setiap manusia mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image