Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Nofah

Viral Skincare Pemutih, Amankah Bagi Tubuh?

Edukasi | Sunday, 14 May 2023, 14:25 WIB
Gambar Skincare Pemutih

Di zaman majunya teknologi seperti sekarang ini, orang-orang bisa dengan mudah mengakses informasi di berbagai platform digital, misalnya TikTok, Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Melalui platform digital ini, tak sedikit juga orang yang bekerja dengan menginfluence orang lain untuk menonton unggahannya dan mempersuasi agar membeli suatu produk yang mereka promosikan, termasuk produk-produk kecantikan.

Kita bisa dengan mudah mencari dan membeli produk kecantikan dengan berbagai merek ini melalui market place tanpa kita tahu apa saja bahan-bahan yang terkandung didalamnya. Banyak sekali orang yang terpedaya oleh video-video viral yang diunggah bebas oleh para artis yang mempromosikan atau biasa disebut dengan endorse sebuah produk kecantikan, terutama yang sedang viral saat ini yaitu skincare pemutih.

Dengan menonton video dari artis terkenal yang mempromosikan produk skincare pemutih dengan jumlah like yang banyak, pembeli sudah merasa yakin bahwa produk yang dipromosikan tersebut sudah pasti aman, padahal kenyataannya banyak juga artis yang hanya mengutamakan keuntungan yang didapatkan ketika mempromosikan produk-produk tersebut tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mengunggahnya ke media sosial.

Ada berbagai produk skincare yang terkenal menggunakan bahan aktif seperti vitamin C dan kolagen sebagai bahan yang dapat menjadikan kulit lebih putih dan cerah. Penggunaan bahan-bahan aktif ini perlu dosis yang sesuai dan pengolahan yang tepat untuk memperoleh hasil yang diinginkan, namun mirisnya beberapa produk skincare yang terkenal dan sudah menjual produknya ribuan bahkan jutaan botol yang menggunakan bahan-bahan aktif tersebut tidak sesuai dengan anjuran pakai yang berlaku. Hal ini tentunya akan berbahaya bagi tubuh mulai dari efek yang diinginkan tidak timbul atau efek terapi bahan tersebut hilang, hingga yang parah akan bersifat toxic bagi tubuh.

Untuk bahan aktif seperti vitamin c tidak dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, tetapi hanya sebagai antioksidan saja, jika memang benar vitamin c dapat mencerahkan kulit, kita bisa meminum saja suplemen kesehatan yang mengandung vitamin c untuk mencerahkan kulit kita. Dalam satu hari hanya diperbolehkan 1000 mg vitamin c yang dikonsumsi, jika lebih dari 1000 mg akan berpotensi merusak fungsi ginjal. Yang lebih parah ada juga yang menawarkan infus pemutih mengandung vitamin c, hal ini tentunya sangat salah dan tidak sesuai dengan anjuran. Jadi dengan kita menggunakan produk kecantikan yang mengandung vitamin c tidak akan menjadikan kulit lebih cerah. Hal ini telah ditekankan oleh BPOM bahwa infus vitamin c ini ilegal dan berbahaya.

Bahan aktif lain yang biasanya terkandung dalam skincare pemutih yaitu kolagen. Saat ini kolagen memang sedang populer digunakan sebagai bahan aktif yang terkandung didalam produk perawatan kulit seperti krim atau bahkan minuman seduh yang diklaim dapat mencerahkan kulit, padahal kenyataannya kolagen ini bukan merupakan bahan aktif yang berperan dalam perubahan warna kulit. Kolagen ini merupakan salah satu jenis protein yang banyak terdapat didalam tubuh yang memiliki fungsi untuk memberikan struktur dan kekuatan dari tulang, kulit, tendon, ligamen, gigi dan jaringan ikat lainnya serta membentuk tulang rawan sebagai bantalan sendi. Sebagai skincare, kolagen berperan untuk menjaga kelembaban dan struktur kulit agar tidak kering serta mengurangi keriput. Namun perlu diperhatikan walaupun kolagen ini aman digunakan dan dikonsumsi, namun untuk penggunaan dalam bentuk minuman seduh juga tidak boleh berlebihan karena akan mempengaruhi kerja ginjal

Bahan aktif yang telah dijelaskan diatas hanya contoh bahan aktif yang biasanya digunakan dalam produk pemutih kulit, Kita sebagai konsumen tentu harus jeli dan teliti mengenai bahan bahan yang terkandung didalam produk kecantikan yang akan dibeli atau digunakan karena bahan aktif yang tidak sesuai dengan takaran dan cara pemakaiannya yang salah bisa berpotensi toxic pada tubuh. Jika memang anda kurang percaya diri akan warna kulit anda, ada baiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit atau dokter kecantikan (estetika) mengenai produk / perawatan seperti apa yang dianjurkan untuk membantu anda mendapatkan warna kulit yang anda inginkan tanpa menimbulkan efek samping berbahaya. Sangat tidak disarankan anda mengonsumsi suplemen pemutih kulit, lotion pemutih kulit instan (khususnya dari merk yang tidak jelas keamanannya), atau suntikan pemutih kulit tanpa anjuran dokter terlebih dahulu. Walaupun produk skincare yang akan anda beli telah dipromosikan oleh influencer terkenal tetapi hal tersebut tidak bisa menjadi jaminan bahwa produk yang anda beli aman untuk digunakan, jadilah konsumen yang bijak sebelum membeli sesuatu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image