Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yulia Victoria Utama

Peran dari Profesi Tenaga Kesehatan Masyarakat di Indonesia

Edukasi | Wednesday, 10 May 2023, 15:29 WIB

Sarjana Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu unsur dari tenaga kesehatan sendiri yang memiliki peran strategis dalam upaya pembangunan kesehatan di Indonesia. Kesehatan masyarakat sendiri merupakan perpaduan dari ilmu pengetahuan, keterampilan, moral dan etika dalam usaha mencegah penyakit dan memenuhi kebutuhan dalam kesehatan dengan menerapkan strategi pemberdayaan masyarakat. Tak hanya itu saja, ilmu kesehata masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penyelesaian masalah kemiskinan dan pembangunan ekonomi tentunya.

Indonesia masih memiliki situasi dan kondisi kesehatan yang belum mencapai tingkat stabil, hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor lingkungan, faktor pelayanan kesehatan dan faktor perilaku menjadi penyebab nya. Komponen dari pelayanan kesehatan adalah tersedia nya kualitas fasilitas pelayanan kesehatan, perbekalan kesehatan, tenaga profesi kesehatan dan manajemen kesehatan. Walaupun negara Indonesia sudah berupaya sebaik mungkin dalam hal pembangunan pelayanan kesehatan, tetapi hal itu masih membuat keterjangkauan dan pemerataan pelayanan kesehatan memiliki beberapa kendala yang masih belum terselesaikan.

Negara Indonesia tentu masih menghadapi tantangan dalam proses pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul, khususnya di bidang kesehatan. Oleh karena itu, situasi ini yang memberikan kesempatan dan peluang besar untuk negara Indonesia dapat memperbaiki fokus utama dan memajukan proses dalam bidang kesehatan. Dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda di Indonesia ini, perubahan demi perubahan dapat dirasakan di berbagai aspek kehidupan, terutama aspek bidang kesehatan. Peran tenaga kesehatan masyarakat sendiri sangat penting dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. Tenaga kesehatan masyarakat seharusnya mampu melakukan komunikasi risiko dan edukasi masyarakat tentang adanya protokol kesehatan guna membasmi virus Covid-19. Tak hanya itu saja, tenaga kesehatan masyarakat juga dipercaya mampu untuk memahami usaha promotif dan preventif Covid-19 sehingga mereka bisa berinovasi dan mampu untuk menciptakan strategi yang mempercepat penanganan situasi pandemi, dengan tujuan utama dapat mengedukasi dan memberdayakan masyarakat.

Kehadiran profesi apapun yang berhubungan dengan kesehatan, pada saat ini sangat relevan. Lulusan S1 Kesehatan Masyarakat ikut turut andil dalam semua bagian tenaga kesehatan, pemerintah, dan lainnya. Mereka menjadi peran utama dalam memberikan informasi yang edukatif terhadap individu, keluarga maupun masyarakat. Profesi kesehatan masyarakat tentu menjadi profesi yang paling dibutuhkan eksistensinya di setiap situasi dan kondisi karena memiliki peran serta yang besar untuk masyarakat.

Tak banyak yang tahu mengenai peran dari profesi tenaga kesehatan masyarakat itu sendiri. Seperti memperkenalkan masyarakat tentang gagasan dan cara promosi dari perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, mengidentifikasi perilaku masyarakat yang perlu dirubah, memotivasi perubahan dari perilaku masyarakat, lalu yang terakhir adalah bagaimana para tenaga kesehatan masyarakat berupaya untuk merancang suatu program dalam berkomunikasi untuk diterapkan di berbagai kelompok sasaran. Ilmu kesehatan masyarakat memiliki cakupan yang luas mengenai bidang kesehatan masyarakat, tetapi ilmu tersebut memiliki pengetahuan mengenai cara melindungi dan menghindar dari virus, penyakit maupun kondisi pandemi. Pelayanan dari tenaga kesehatan masyarakat sendiri sungguh banyak, seperti memantau status kesehatan dengan tujuan menganalisis masalah kesehatan masyarakat dan menyelidiki bahaya kesehatan dalam masyarakat, memberdayakan masyarakat seputar masalah kesehatan dan mengembangkan kebijakan dan rencana yang dapat mendukung proses dari upaya kesehatan terhadap individual maupun kelompok masyarakat yang ada. Dengan demikian, peran dari profesi tenaga kesehatan masyarakat sangatlah beragam dan memiliki tujuan yang sama yaitu menciptakan negara lebih maju dalam bidang kesehatan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image