Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Berusaha dan Berdoa, Kunci Mahasiswa Berprestasi

Edukasi | Wednesday, 01 Mar 2023, 13:32 WIB
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. pada acara Sosialisasi Soft Skills Tahap 1 (Foto: Istimewa)

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. mengatakan bahwa mahasiswa harus memiliki karakter yang berbeda dengan mahasiswa lainnya. Ada beberapa karakter yang harus dimiliki mahasiswa UAD untuk meraih mimpi masa depan, di antaranya kompeten dalam memasuki dunia industri, mampu mengambil peran dalam kepemimpinan dunia industri dan pasar global, memiliki daya saing nasional dan internasional, serta memiliki integritas dan intelektual berdasarkan nilai-nilai keislaman yang kuat.

“Beberapa karakter tersebut menjadi sesuatu yang sangat penting karena ini adalah pesan langsung Rektor kepada saya untuk selalu mendampingi proses belajar dan karier mahasiswa UAD,” ucapnya pada Sosialisasi Soft Skill Tahap 1 yang berlangsung pada Minggu, 19 Februari 2023 di Amphitarium Kampus IV UAD Yogyakarta.

Gatot Sugiharto menuturkan, “Rencana itu yang punya adalah kalian dan kalianlah yang melakukan itu. Ada 2 hal yang harus dilakukan secara konsisten, jangan pernah berhenti untuk terus berdoa apa yang kalian inginkan dan jangan pernah berhenti untuk terus berusaha. Setiap usaha yang kalian lakukan tidak selamanya berhasil. Ketika kalian belum berhasil maka yang harus dilakukan adalah bangkit lagi dan jangan pernah menyerah sampai akhirnya kalian bisa berhasil.”

“Apa pun kondisi kalian saat ini tidak terlalu penting, yang penting adalah bagaimana kalian di masa depan. Kesuksesan kalian tidak hanya ditentukan hard skill saja. Hanya sekitar 20% untuk hard skill dan 80% ditentukan oleh soft skill. Karakter yang unggul itu berasal dari 3 kekuatan yaitu IQ, EQ, dan SQ,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, ada beberapa landasan pembinaan kemahasiswaan di antaranya olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olahraga. Olah hati seperti bertakwa, jujur, adil empati, rela berkorban, sabar, tawakal, dan lain-lain. Olah pikir seperti cerdas, kritis, kreatif, inovatif, ingin tahu, terbuka, produktif, dan reflektif. Olah rasa seperti empati, ramah, tenang, sabar, tabah, peduli, dinamis, kerja keras, dan sebagainya. Olahraga seperti bersih, disiplin, sportif, gigih, tangguh, bersahabat, dan lain-lain.

“Tidak ada yang bisa mengubah diri kalian kecuali kalian sendiri, nikmatilah setiap proses dalam setiap episode-episode kehidupan. Jadikan kekuatan doa dan ikhtiar menjadi bagian penting dalam menjalani kehidupan, serta rawat dan maksimalkan rasa percaya diri,” tutupnya. (Zah)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image