Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ary Gunawan

TOT AKM Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Sleman

Edukasi | Saturday, 15 Oct 2022, 12:27 WIB
Foto bersama peserta TOT AKM dengan para narasumber (Dok. Pribadi)

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Majelis Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sleman menggelar Training of Trainer (TOT) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Ahad (09/10) bertempat di Rumah Makan Genduk Wulan, Seyegan, Sleman. Kegiatan ini diperuntukkan bagi guru SD/MI dan SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Sleman. "Kegiatan TOT AKM ini sudah diagendakan jauh hari oleh Majelis Dikdasmen Sleman untuk merespon dinamika pendidikan kekinian di Indonesia. Alhamdulillah dapat diikuti oleh perwakilan guru dari 79 SD/MI Muhammadiyah dan 25 SMP Muhammadiyah Sleman." Demikian mengutip laporan ketua panitia, Ibu Hj. St. Nurbaya, M.Hum, dari Majelis Dikdasmen.

Kegiatan TOT AKM ini merupakan ikhtiar bersama untuk peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah Muhammadiyah Sleman. Peserta yang merupakan utusan terbaik dari masing-masing sekolah diharapkan mampu belajar dan memahami sungguh-sungguh materi yang disampaikan oleh para narasumber sehingga dapat menularkan kepada rekan kerja di sekolah masing-masing.

Kegiatan TOT AKM dirancang dengan pola IN-ON-IN menghadirkan narasumber Dr. Bambang Setiawan dari Sekolah Haraki Depok dan Prof. Imam Sujadi dari Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Beliau berdua adalah konsultan di Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Narasumber menyampaikan materi terkait Kebijakan Pendidikan Nasional, AKM, Konsep Literasi - Numerasi, dan Perancangan Pembelajaran yang mengembangkan literasi-numerasi peserta didik disertai berbagai best practice dan inspirasi pembelajaran.

Paparan Materi Numerasi oleh Prof. Imam Sujadi.

Setelah penyampaian materi dan sesi tanya jawab, peserta TOT AKM diberikan kesempatan bekerja dalam kelompok untuk menganalisis skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan di sekolah terkait penguatan literasi numerasi. Hasil diskusi mendapatkan feedback dari narasumber untuk perbaikan dan diterapkan di sekolah masing-masing sebagai kegiatan ON. Hasil pelaksanaan dianalisis dan dipresentasikan pada saat pelaksanaan IN-2 yang diagendakan pada 29 Oktober 2022.

Kegiatan ini sangat menarik dan memperkaya wawasan untuk para peserta karena berjalan serius namun santai dan penuh kekeluargaan. Silaturahmi lintas mata pelajaran menjadikan pengalaman belajar semakin berwarna. Kegiatan diakhiri pukul 16.30 WIB dilanjutkan aktivitas mandiri peserta untuk menyusun skenario pembelajaran berbasis literasi numerasi untuk diterapkan di kelas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image