Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

4 Tips Memilih Rumah Idaman yang Bisa Menjadi Pertimbangan

Gaya Hidup | Tuesday, 12 Apr 2022, 09:48 WIB

Memilih rumah memang tidak bisa sembarangan karena hingga saat ini rumah sering kali dijadikan sebagai aset berharga di dalam hidup seseorang dan masih dianggap sebagai salah satu bahan tolak ukur kesuksesan seseorang. Di dalam rumah juga seseorang akan menghabiskan waktunya bersama keluarga tercinta di samping sebagai tempat berteduh dan berlindung.

Dalam memilih rumah idaman, kebanyakan masih menggunakan prinsip 4L, yaitu lokasi, legalitas, lingkungan dan logika. Berikut penjelasannya:

Lokasi

Mengapa yang pertama adalah lokasi? Hal ini disebabkan karena dalam membeli atau membangun rumah Anda tidak boleh hanya mengejar harga murah saja, akan tetapi juga harus memperhitungkan lokasi rumah karena rumah yang Anda beli atau bangun akan digunakan untuk jangka waktu tidak sebentar.

Lokasi tempat Anda akan membangun rumah ataupun membeli rumah sangat mempengaruhi harga yang harus dibayarkan. Seperti Anda ketahui, lokasi rumah yang berada di pusat kota atau di pinggir jalan raya tentu harganya jauh lebih mahal daripada lokasi rumah yang berada di pinggiran kota atau jauh dari akses jalan.

Dalam memilih rumah, sebaiknya pilih rumah yang mudah dijangkau, cocok peruntukannya dan prospektif. Supaya mendapatkan rumah idaman yang sesuai harapan, jangan ragu untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dari lingkungan sekitar.

Legalitas

Akan lebih aman jika Anda memilih rumah yang sudah mendapat status SHM (Sertifikat Hak Milik) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan). Selalu pelajari kelengkapan legalitas rumah yang akan Anda beli.

Lingkungan

Karena rumah merupakan properti yang akan digunakan dalam jangka waktu lama, maka Anda harus memilih lingkungan rumah dengan lebih selektif. Usahakan untuk memilih rumah yang tidak terlalu jauh dari sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit/puskesmas dan tempat hiburan.

Selain itu perhatikan juga sistem drainase nya, lebar jalan, sanitasi, potensi bencana longsor atau banjir, dan desain rumah karena kenyamanan merupakan faktor terpenting.

BACA JUGA: Tips agar ruang tamu lebih fresh

Logika

Sebagai pembeli yang bijak, sebaiknya Anda jangan mudah tergiur dengan iming-iming menggiurkan dari para pengembang. Jangan gegabah dalam memilih rumah mengingat harganya yang tidak murah. Sebelum membeli rumah, lakukan survey lapangan terlebih dahulu atau periksa NJOP supaya rumah yang dibeli tidak terlalu mahal.

Itulah beberapa tips memilih rumah idaman. Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image