4 Tips Memilih Rumah Idaman yang Bisa Menjadi Pertimbangan

Image
Drajad Dwi
Gaya Hidup | Tuesday, 12 Apr 2022, 09:48 WIB

Memilih rumah memang tidak bisa sembarangan karena hingga saat ini rumah sering kali dijadikan sebagai aset berharga di dalam hidup seseorang dan masih dianggap sebagai salah satu bahan tolak ukur kesuksesan seseorang. Di dalam rumah juga seseorang akan menghabiskan waktunya bersama keluarga tercinta di samping sebagai tempat berteduh dan berlindung.

Dalam memilih rumah idaman, kebanyakan masih menggunakan prinsip 4L, yaitu lokasi, legalitas, lingkungan dan logika. Berikut penjelasannya:

Lokasi

Mengapa yang pertama adalah lokasi? Hal ini disebabkan karena dalam membeli atau membangun rumah Anda tidak boleh hanya mengejar harga murah saja, akan tetapi juga harus memperhitungkan lokasi rumah karena rumah yang Anda beli atau bangun akan digunakan untuk jangka waktu tidak sebentar.

Lokasi tempat Anda akan membangun rumah ataupun membeli rumah sangat mempengaruhi harga yang harus dibayarkan. Seperti Anda ketahui, lokasi rumah yang berada di pusat kota atau di pinggir jalan raya tentu harganya jauh lebih mahal daripada lokasi rumah yang berada di pinggiran kota atau jauh dari akses jalan.

Dalam memilih rumah, sebaiknya pilih rumah yang mudah dijangkau, cocok peruntukannya dan prospektif. Supaya mendapatkan rumah idaman yang sesuai harapan, jangan ragu untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dari lingkungan sekitar.

Legalitas

Akan lebih aman jika Anda memilih rumah yang sudah mendapat status SHM (Sertifikat Hak Milik) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan). Selalu pelajari kelengkapan legalitas rumah yang akan Anda beli.

Lingkungan

Karena rumah merupakan properti yang akan digunakan dalam jangka waktu lama, maka Anda harus memilih lingkungan rumah dengan lebih selektif. Usahakan untuk memilih rumah yang tidak terlalu jauh dari sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit/puskesmas dan tempat hiburan.

Selain itu perhatikan juga sistem drainase nya, lebar jalan, sanitasi, potensi bencana longsor atau banjir, dan desain rumah karena kenyamanan merupakan faktor terpenting.

BACA JUGA: Tips agar ruang tamu lebih fresh

Logika

Sebagai pembeli yang bijak, sebaiknya Anda jangan mudah tergiur dengan iming-iming menggiurkan dari para pengembang. Jangan gegabah dalam memilih rumah mengingat harganya yang tidak murah. Sebelum membeli rumah, lakukan survey lapangan terlebih dahulu atau periksa NJOP supaya rumah yang dibeli tidak terlalu mahal.

Itulah beberapa tips memilih rumah idaman. Semoga bermanfaat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang Blogger yang menyukai dunia bisnis dan internet marketing

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

UMS Lakukan Digitalasi Foto Rontgen di PKU Kartasura

Image

Sejuta Spirit dari Bumi Seribu Masjid

Image

Dimuliakan atau Dihinakan

Image

Pelatihan Restorative Justice dan Mediator diampu oleh Trainer AR Learning Center

Image

Cara Menambah Subscriber Youtube Instant

Image

Penuhi Syarat, Satu Anak Binaan LPKA Klas I Kutoarjo Jalani Pembebasan Bersyarat Pulang Ke Kabupaten

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image