Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Mengenal 3 Macam Kerah Baju yang Sering Dijumpai

Eduaksi | Saturday, 02 Apr 2022, 10:03 WIB

Bagian kerah pada baju sering dianggap remeh bagi sebagian kalangan. Padahal bentuk kerah yang tepat dapat memberikan efek penampilan yang berbeda-beda. Ada beberapa macam kerah baju yang dikenal sehari-hari. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai kerah baju dan macam bentuk kerah baju yang dikenal sehari-hari.

Tentang Kerah Baju

Kerah merupakan bagian dari suatu pakaian yang terletak pada bagian leher. Kerah memiliki fungsi untuk menutupi bagian leher hingga bahu. Penggunaan kerah sendiri banyak ditemui pada berbagai jenis pakaian terutama untuk pakaian formal seperti seragam kerja. Namun, masing-masing jenis pakaian tersebut memiliki jenis kerahnya masing-masing.

Kerah baju juga memberikan tampilan sebagai pemanis pada pakaian. Oleh sebab itu, untuk menunjang agar pakaian terlihat sempurna, pemilihan jenis kerah bajunya harus tepat. Kerah baju juga berfungsi untuk melindungi area leher dari panas matahari atau dinginnya udara. Oleh sebab itu, penggunaan kerah pada baju bisa sangat penting.

Berbagai Macam Kerah Baju

Kerah baju memiliki berbagai macam fungsi, bergantung pada jenis dan model bajunya. Penggunaan kerah tidak hanya sebagai pemanis, tetapi juga dapat melindungi dan menutupi area leher. Ada beberapa jenis kerah baju yang dikenal sehari-hari dan di pakai oleh konveksi. Berikut ini beberapa macam kerah pada baju yang umum ditemui sehari-hari.

1. Kerah Tegak atau Stand Collar

Sesuai dengan namanya, kerah tegak atau stand collar ini memiliki bentuk tegak yang menutupi hingga sekeliling leher. Penggunaan kerah jenis ini sering ditemui pada baju-baju dengan model sweater atau cheongsam. Baju tradisional Tiongkok adalah contoh paling mudah untuk melihat kerah model tegak ini.

Ciri khas dari pakaian dengan kerah tegak dapat dilihat pada bagian belakangnya. Bagian belakang dari baju berkerah tegak ini tampak tinggi karena adanya kerah tegak tersebut.

2. Kerah Rebah

Lain lagi dengan kerah rebah yang memiliki bentuk merebah pada bagian leher dan sekeliling badan tanpa adanya penegak. Tanpa adanya penegak, akan membuat kerah ini menjadi tampak lemas sehingga merebah pada bagian badan dan bahu.

Penggunaan kerah rebah ini biasa dijumpai pada baju untuk anak-anak maupun wanita dewasa. Penggunaan kerah rebah ini dapat memberikan penampilan yang feminim. Sebagai contoh, penggunaan kerah rebah ini banyak dijumpai pada baju model blouse atau dress yang dikenakan oleh para wanita.

3. Kerah Setengah Tegak

Ada juga jenis kerah setengah tegak yang menjadi penengah di antara dua jenis kerah sebelumnya. Ciri khas dari baju dengan kerah setengah tegak ini tampak pada bagian belakang kerahnya. Bagian belakang kerahnya diberikan penegak sehingga akan tampak lebih tinggi. Sementara bagian depannya dibiarkan merebah seperti kerah rebah.

Kerah baju sendiri memiliki fungsi yang sangat beragam dan lebih dari sekadar pemanis saja. Penggunaan berbagai macam kerah baju ini disesuaikan dengan jenis model baju yang akan dibuat. Tidak hanya kemeja dan polo shirt, jersey berkerah pun sudah mulai banyak kita temukan. Penggunaan kerah baju ini tidak bisa disamaratakan dengan semua jenis baju.

Sumber: jerseyprinting.co.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image