Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ropiyadi ALBA

Tips Menulis Opini

Eduaksi | Wednesday, 02 Mar 2022, 18:45 WIB
Dokumentasi Pribadi

Menulis opini bukan sekadar menuliskan apa yang ada dalam pikiran kita dalam bentuk rangkaian kata tanpa makna. Namun, menulis opini adalah sebagai suatu upaya untuk menyebarluaskan gagasan yang ada dalam pikiran kita agar dapat dipahami dan layak dibaca oleh orang lain.

Walaupun demikian, dalam penulisan sebuah opini tidak boleh hanya didasarkan oleh pendapat murni dari si penulis, namun juga harus didasarkan oleh riset dan pendalaman dari masalah yang akan dibahas.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah opini, di antaranya:

1. Kuasai bidang yang menjadi objek penulisan. Menguasai kompetensi suatu bidang menjadi hal penting dalam sebuah penulisan opini. Karena biasanya masyarakat akan lebih menilai sebuah tulisan yang ditulis oleh orang yang kompeten dan sesuai dengan bidang keahliannya. Misalnya, bagi seorang dokter, maka tulisan seputar kesehatan sangatlah dinantikan. Begitupun bagi anda praktisi pendidikan, tulisan seputar dunia pendidikan akan jauh lebih baik, dibanding tulisan lain yang Anda tidak kuasai.

2. Temukan ide. Segeralah menulis ketika menemukan sebuah ide, minimal dibuat terlebih dahulu kerangka dan garis besar penulisannya. Ingat, ide itu mahal dan tidak akan muncul kembali jika telah hilang. Untuk itu segeralah tuliskan ide – ide yang telah muncul dan segera lakukan sebuah eksekusi secepatnya.

3. Buat argumentasi yang kuat. Menulis sebuah opini harus berdasarkan argumentasi yang kuat dan dibangun di atas logika berpikir yang benar.

4. Perkaya diksi. Memperkaya kosa kata dan diksi sangat penting dalam sebuah penulisan. Untuk itu penting bagi kita untuk sering membaca Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) agar semakin banyak menemukan persamaan maupun lawan dari sebuah kata yang kita gunakan.

5.Temukan media yang tepat. Menemukan media yang tepat dan sejalan dengan opini yang kita tuliskan menjadi salah satu pertimbangan dalam mendistribusikan tulisan yang telah kita buat. Media tersebut bisa secara online maupun cetak, atau bisa juga tulisan tersebut dishare ke berbagai media sosial yang kita miliki.

Selamat menuliskan sebuah opini, dan jangan pernah malas untuk menulis. Karena sesungguhnya ada dua buah pekerjaan peradaban, salah satunya adalah menulis.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image