Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ahmad kholidin

Denah Rumah Split Level Simpel dan Terlihat Mewah

Gaya Hidup | Monday, 28 Feb 2022, 10:34 WIB

Ukuran rumah 6x12 dan 6x10 adalah ukuran standar untuk kebanyakan rumah modern. Namun, banyak orang dengan ukuran rumah ini kebingungan bagaimana cara mengatur ruangan. Membuat denah rumah split level 6x12 dan 6x10 adalah solusi yang bagus.

Split level sendiri merupakan Teknik untuk membagi ruangan dengan memanfaatkan ketinggian. Jadi, rumah tidak benar-benar memiliki lantai kedua, karena hanya Sebagian lantai dasar saja yang ditutupi.

Dengan desain ini, para pemilik rumah bisa menciptakan berbagai ruang tambahan yang fungsional. Selain itu, bisa memberi kesan bahwa rumah lebih luas karena ada banyaknya ruang yang bisa digunakan.

Rumah Split Level Ukuran 6x12

Seperti yang dituliskan sebelumnya ukuran 6x12 merupakan ukuran rumah yang standar. Banyak Teknik yang bisa diaplikasikan untuk ukuran rumah ini termasuk pada denah rumah split level 6x12.

Berikut ada inspirasi desain split level untuk rumah dengan ukuran 6x12. Informasi dibawah ini bisa menjadi referensi dalam membangun split level pada rumah dengan ukuran 6x12.

1. Rumah Split Level Rasio 1.5

Split level 1.5 ini sangat cocok untuk rumah ukuran 6x12 dengan langit-langit yang tidak terlalu tinggi. Jadi, daripada membuat dua lantai, para pemilik rumah bisa memanfaatkan tingginya rumah. Dengan membuat lantai yang menutupi Sebagian saja lantai dasar rumah.

Bagian bawah lantai yang ditinggikan masih bisa dimanfaatkan sebagai ruangan baru maupun sebagai tempat penyimpanan. Tidak perlu membagi lantai dengan rasio yang terlalu tinggi. Cukup gunakan tangga rendah saja untuk membagi ruangan.

Desain dan konsep ruangan sangat berperan penting untuk menimbulkan kesan yang bagus pada ruangan. Untuk ukuran ruang yang tidak terlalu besar dan split level, konsep minimalis dan modern adalah desain yang sangat cocok.

Lebih baik lagi, ruangan split level ditambahkan jendela yang cukup lebar untuk menambah kesan terbuka. Jadi, ruangan split level tidak terlihat sempit.

2. Rumah Split Level Rasio 2.5

Split level 2.5 ini cocok untuk denah rumah split level 6x12 yang memiliki langit-langit yang sangat tinggi. Jadi, tidak hanya membagi lantai menjadi satu lantai namun dua lantai di atas lantai dasar.

Namun, dua lantai ini sepenuhnya akan menutup porsi lantai dasar rumah. Dua ruang split level, dan lantai dasar lebih baik disambungkan dengan tangga yang tidak terlalu tinggi. Jadi, tidak menimbulkan kesan yang melelahkan pada rumah.

Selain itu, karena ruangan sudah terbagi-bagi. Lebih baik untuk menghindari terlalu banyak furniture pada ruangan. Untuk menghindari kesan rungsep pada lantai yang sudah dibagi. Usahakan untuk tetap minimalis untuk menimbulkan kesan bersih dan modern.

Baca juga : Tips desain rumah ala drama korea sederhana

Rumah Split Level Ukuran 6x10

Setelah membahas denah rumah split level 6x12, berikutnya akan dibahas pada rumah dengan ukuran 6x10. Ukuran ini masih termasuk ukuran standar kebanyakan rumah di Indonesia. Walaupun, cenderung lebih kecil namun tetap masih bisa diterapkan split level.

Bahkan, Teknik split level bisa menjadi solusi untuk membuat ruangan tambahan. Pada rumah yang tidak seberapa luas ini.

1. Rumah Dengan Split Level Sederhana

Denah rumah split level sederhana merupakan bentuk split level yang paling banyak digunakan di rumah-rumah. Terutama rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas seperti 6x10 dan konsep yang minimalis.

Karena memang dibuat di rumah yang tidak terlalu luas, split level house ini lebih ke fungsi penegasan perbedaan fungsi dari ruangan. Jadi, satu ruangan memang sengaja diberi ketinggian tertentu. Pada bagian bawahnya bisa dimanfaatkan lagi.

Misalnya, untuk menyimpan barang-barang maupun menambah ketinggian langit-langit pada lantai dasar yang ditutupi. Karena mengutamakan kesederhanaan, biasanya desain split level ini dibuat sesimpel mungkin.

Warna dan tone yang digunakan pada perabotnya cenderung netral. Hal ini menyesuaikan dengan konsep rumahnya.

2. Rumah Dengan Split Level Modern

Sebenarnya aplikasi split level modern tidak terlalu berbeda dengan model minimalis dan sederhana. Namun, pada desain ini hal yang paling ditonjolkan adalah kerapian dan tata letak dari furniture pada split level.

Hal ini membuat desain split level ini sangat ideal dilakukan di rumah dengan ukuran 6x10 saja. Karena desain ini bisa memberikan kesan luas dan lapang pada rumah dengan ukuran yang terbatas.

Itulah denah rumah split level 6x12 dan 6x10 yang simple dan bisa terlihat mewah. Para pemilik rumah dengan ukuran rumah tersebut bisa memanfaatkan Teknik split level di atas. Untuk menciptakan kesan luas dan banyak ruang pada rumah dengan luas terbatas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image