Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SUGENG

Tips Desain Rumah ala Drama Korea Sederhana

Gaya Hidup | Thursday, 18 Nov 2021, 11:43 WIB
Ilustrasi

JAKARTA - Tips desain rumah ala Drama Korea sederhana, mungkin bisa dijadikan rekomendasi bagi yang ingin membuat suasana lebih menarik. Namun, sebelum melanjutkan pembahasan pada desain rumah Korea tentu harus mempertimbangkan aspek eksterior dan interior rumah agar bisa lebih maksimal.

BACA JUGA: Desain Rumah Drama Korea Lebih Private

Tak cuma itu, pertimbangan itu juga harus mengandung sejumlah unsur lifestyle Korea. Desain rumah tersebut biasanya lebih menonjolkan konsep yang lebih simpel serta minimalis. Apabila ingin mengubah tampilan rumah ala Korea, sebaiknya mengusung konsep open plan agar rumah yang ditampilkan menjadi lebih lega dan besar.

Konsep open plan yang dimaksud adalah tidak banyak meletakkan barang-barang yang tidak cukup penting dan sebisa mungkin tampil dengan sederhana. Konsep yang lebih menerapkan ruang terbuka menyatukan ruang makan, ruang keluarga dan dapur, tanpa adanya sekat.

BACA JUGA: Cek BI Checking Ternyata di Blacklist? Begini Solusinya!

Biasanya konsep desain rumah Korea banyak mengaplikasikan hal ini dengan tujuan selain untuk menghemat ruang, juga tidak perlu repot membersihkan rumah. Dengan konsep open plan, bisa menampilkan rumah yang terlihat lebih luas sekaligus bersih. Tentunya juga akan menambah kenyamanan dan kemudahan bagi penghuninya.

DESAIN INTERIOR

Mengusung desain interior yang minimalis menjadi salah satu tips selanjutnya. Rumah minimalis Korea memang sering mempertontonkan beragam serial drama, film atau acara TV. Dari sana jadi banyak yang mulai tertarik dengan desain satu ini. Biasanya desain rumah Korea menawarkan desain interior yang minimalis dan hangat. Kesan itu akan menampilkan kesan rumah yang sederhana namun tetap nyaman dan menyenangkan.

BACA JUGA:Pengajuan KPR Wajib Lolos Proses BI Checking! Begini Alasannya

Sejumlah opsi ditawarkan agar tampilan rumah memiliki desain interior yang minimalis, misalnya dengan merancang interior ruangan di dalam rumah tanpa menyimpan barang terlalu banyak.

Kemudian, tata dengan rapi dekorasi dan furnitur atau benda yang terlihat untuk menampilkan ruangan yang efisien dan tertata. Selain itu bisa ditambahkan sejumlah tanaman hias yang sesuai dengan konsep interior yang ingin diusung seperti natural, futuristik, vintage atau modern.

MULTIFUNGSI

Memiliki furnitur yang multifungsi menjadi bagian tips yang tak boleh terlewat. Apalagi, untuk mengusung desain rumah Korea tidak memiliki banyak barang dan hanya menampilkan furnitur yang benar-benar penting dan strategis. Misalnya, sofabed sebagai furnitur multifungsi yang bisa dipakai sebagai kursi sofa yang empuk, sekaligus tempat tidur yang nyaman.

Ataupun, sofa dengan lemari / laci buku di bawah atau belakangnya. Peletakkan furnitur pun sangat penting untuk menghadirkan pemandangan yang bebas dan leluasa, sehingga memberikan kesan yang nyaman dan menyenangkan.

PILIH WARNA

Rumah Korea memiliki pemilihan warna-warna yang natural dan soft. Biasanya, perpaduan warna yang diciptakan pun menghasilkan kombinasi yang estetis sekaligus nyaman dipandang. Untuk warna yang digemari desain rumah Korea meliputi coklat, putih, lilac, beige, ivory, krem, dan warna yang lembut seperti pastel.

Namun begitu, bukan berarti perpaduan warna yang ada di dalam rumah jadi membosankan. Tak jarang cat rumah yang ditawarkan pun memiliki warna terang seperti hijau gelap, coral, rose dan violet sehingga menciptakan kesan segar dan menyenangkan. Selanjutnya, untuk memberikan kombinasi yang sempurna, pemilihan warna furnitur pun sangat penting dilakukan karena akan menawarkan tampilan lebih menarik.

TERAPKAN BAHAN KAYU

Jika diperhatikan, banyak di dalam serial drama ataupun film Korea yang menampilkan hunian berupa rumah kayu. Hal itu disebabkan material ini merupakan salah satu bahan bangunan yang kuat, namun tetap memberikan kesan yang estetik dan nuansa natural.

Jika rumah ingin memberikan kesan alami minimalis, setidaknya berikan beberapa sentuhan kayu seperti pada dinding rumah, pintu, jendela, lantai kayu hingga furnitur. Pastikan pilihan bahan kayu yang berkualitas dan bagus agar menawarkan tampilan rumah yang sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, warna kayu bisa menjadi ciri khas desain interior rumah Korea yang modern, dan tentunya akan menampilkan suasana yang hangat dan minimalis.

KONSEP LESEHAN

Kosep berlesehan memiliki keterkaitan erat dengan open plan atau ruang terbuka. Desain rumah korea menerapkan konsep berlesehan karena ingin menampilkan hunian sederhana dan dipenuhi kehangatan. Berlesehan sendiri artinya adalah duduk di lantai dengan beralaskan tikar yang biasanya dilakukan bersama keluarga untuk makan atau berbincang. Biasanya, orang Korea akan berlesehan di ruang-ruang yang bisa menampung banyak orang seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Jika akan mengaplikasikan tips ini, pastikan untuk memberi jarak dan ruang dengan beralaskan karpet dan meja kecil, meski memiliki sofa dan kursi pada ruang tamu atau keluarga. Dengan begitu, desain rumah yang dihadirkan pun akan tampak menyenangkan.

PENCAHAYAAN

Tips yang terakhir untuk desain rumah korea bisa diterapkan adalah pencahayaan. Pastikan meletakkan lampu di tempat yang strategis dengan pencahayaan tepat. Tapi juga jangan terlalu terang agar tak menyilaukan mata. Selain lampu, juga bisa menerapkan pencahayaan alami yang masuk melalui kaca jendela berukuran besar. Dengan begini rumah akan lebih sehat dengan sirkulasi udara yang lancar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image