Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ibrahim Ishaq

Roleplayer: Pengertian, Istilah - Istilah dan Tips Bermain RP

Info Terkini | Thursday, 17 Feb 2022, 16:01 WIB

Pengguna akun media sosial pastinya sudah akrab dengan panggilan RP (Roleplayer) yang sering disebut oleh millenial. Adapun pembahasa lebih lengkap tentang apa itu roleplayer, istilah dan cara bermain RP yang benar bisa anda baca dibawah ini.

Pengertian Roleplayer

Apa itu Roleplayer? Roleplayer alias game bermain peran yang juga akrab dengan sebutan RP ini adalah sebuah kegiatan dimana kita memainkan suatu peran menjadi orang atau tokoh yang telah ada.

Nah, disini saya mau bahas soal bermain peran yang mengharuskan kita untuk membuat akun sosial media untuk memerankan suatu tokoh tersebut. Pada dasarnya, tujuan adanya Roleplayer itu untuk mempromosikan artis yang mereka perankan. Misalkan kita menyukai artis yang baru debut, atau yang belum begitu dikenal.

Dengan kita bermain peran 'menjadi dirinya' secara tidak langsung kita sudah membuat idola yang kita perankan ini menjadi lebih dikenal. Mengapa? Karena ya itu tadi, kita bermain dengan akun di sosial media. Dan lewat sosial media lah, info tentang artis tersebut bisa menjadi luas karena kita.

Awal terbentuknya Roleplayer tuh gimana sih? Saya sendiri juga kurang tahu ya. Ada yang bilang, dulu itu sempat ada cekcok antara Roleplayer dan Parody. Lebih awal dibuat Parody atau Roleplayer itu saya juga kurang tahu. Berikut penjelasan lebih detail tentang dunia Roleplayer.74

Tugas yang harus dilakukan:

Membuat akun sampingan selain akun pribadi. Atau bisa juga jadi satu, contohnya di WhatsApp, BBM, atau Line.Kemudian memasang keterangan jelas, tokoh siapakah yang sedang kamu perankan.

Disini bebas ya kalau soal kamu mau meranin jadi siapa siapa nya. (kebanyakan sih artis) tapi kalau kamu mau jadi model, atlit, youtuber, atau yang lainnya juga ngga jadi masalah.29

Kemudian, jika kalian main di Facebook atau Twitter kalian harus wajib kudu mesti masang data diri tentang tokoh yang lagi kalian perankan itu. Kan suka ada kolom bio tuh, nah isi tentang keterangan data diri si tokoh yang kamu mainkan.

Ngga perlu banyak kok, yang penting ada nama panjang, umur atau tahun kelahiran (supaya nanti, kalau ketemu Roleplayer lain ngga bingung manggilnya. Kalau misal kamu lebih tua dari dia, nanti dipanggil kak, dsb.

Begitupun kalau kamu lebih muda, kamu bakal dipanggil dik atau penyebutan lainnya tergantung dari negara mana tokoh yang kalian mainkan ini.) sama pekerjaan yang dia lakukan. Selebihnya bebas mau isi apa lagi. Asal jangan yang berhubungan dengan keterangan diri kalian yang asli.

Istilah - Istilah Didalam Roleplayer

Dalam roleplayer ada banyak istilah yang harus anda pelajari misal Fantalk dan fanservice. Waduh, apaan tuh? Istilah fantalk ini digunakan saat kita sedang bermain peran, terus chatting sama satu atau lebih akun pribadi yang ngefans sama tokoh yang lagi kita peranin.

Gunanya, buat nyenengin mereka.. Wkwk/? Jadi mereka yang ngga kesampean untuk ngobrol langsung sama idolanya, atau mention dan message nya ngga dibales gitu, bisa berandai andai kalau mereka emang lagi chatting sama idola aslinya wkwkwk/?Terus fanservice, ngasih hal-hal spesial untuk nyenengin fans. Baik akun pribadi maupun akun Roleplayer sekalipun.

Saya kasih contoh Afgan. Misal kalian main jadi Selena Gomez, ternyata aslinya si afgan itu nge fans sama Selena gomez. Nah kalau dia minta fanservice, kalian boleh nyenengin mereka dengan upload foto yang lagi pose flying kiss gitu, atau yang ceritanya lagi tos-an. Intinya buat nyenengin aja.

Selain fantalk dan fanservice ternyata masih banyak lagi loh, istilah di roleplayer yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya. Anda bisa mendapatkannya dengan membaca beberapa referensi artikel di internet.

Cara Bermain Roleplayer di Telegram

Bermain RP bisa anda lakukan dimana saja asal sesuai dengan aturannya. Disini kami contohkan menggunakan aplikasi messenger telegram.

Berikut ini adalah cara bermain rp telegram untuk pemula.

1. Buat akun Telegram baru dengan nama artis atau idol yang ingin diperankan.

2. Ubah username ID dan bio sesuai dengan keinginan namun tetap berhubungan dengan yang diperankan. Saat ini sedang trend bio aesthetic yaitu bio yang menggunakan font keren dan biasanya dengan kata-kata yang indah atau keren. Contoh bio aesthetic rp telegram seperti ini: ⚔️ ◟UNREAL Chara。ミ ͜͡❂ ❛ hanya bisa menunggu ????????༄ ˚.

3. Pasang foto profil idol atau artis tersebut untuk melengkapi profil akun RP yang telah dibuat. Nah, akun RP sudah siap digunakan. Selanjutnya kita bisa mencari teman sesama pemain RP dengan berbagai cara. Cara yang paling mudah adalah melalui RolePlay Promote.

4. Tekan tombol pencarian yang berada di pojok kanan atas. Lalu cari RolePlay Promote. Maka akan tampil banyak channel yang bisa diikuti.

5. Pilih salah satu channel tersebut lalu join ke channel tersebut dengan menekan tombol JOIN CHANNEL. Maka kita akan bergabung ke channel tersebut. Di dalam channel tersebut ada banyak chatting yang berisi ID atau username dari akun RP lain yang sedang mencari teman.

6. Pilih teman yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Biasanya ada keterangan Need fambest yang artinya sedang butuh family (keluarga) atau bestie (sahabat). Ada juga Need cp yang artinya sedang butuh couple (pasangan). Lalu undang atau add ID akun tersebut ke kontak telegram kamu.

7. Setelah itu chat teman baru kamu seperti chatting biasa. Mulai dari kenalan. Namun di sini kita harus memperkenalkan diri sebagai artis yang sedang kita perankan. Hal yang sedikit berbeda adalah pemain RP biasanya menggunakan tanda imagine yang menggambarkan kegiatan. Imagine diawali dengan tanda garis miring (/). Misalnya sedang membaca buku maka ditulis /membaca buku.

Itulah tadi pembahasan singkat tentang apa itu roleplayer. Dengan mengetahui apa itu Roleplayer anda bisa menemukan banyak hal baru di dunia ini dan bersenang - senang dengan gaya baru ala anak milenial.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image