Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nita Dewi Nurmala

BELAJAR DENGAN DISKUSI INTERAKTIF MENYENANGKAN MATERI PERNAFASAN

Edukasi | Saturday, 22 Jun 2024, 17:18 WIB
sumber: dokumen pribadi 
sumber: dokumen pribadi

Pada hari sabtu, 20 April 2024 pukul 14.30-15.30. Mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhamadiyah Purworejo melakukan program bimbingan belajar yang interaktif dan menyenangkan yang bertempatkan di Kelurahan Mrentul, Kecamatan Bonorowo, Kabupaten Kebumen. Program ini diinisiasi untuk melatih mahasiswa dalam memperagakan kinerja mereka dalam lingkungan kerja yang nyata dan menanamkan konsep ilmiah kepada anak- anak sekolah dasar. Mahasiswa yang berperan sebagai pengajar dalam program ini adalah Nayla dan Nita. Mereka memimpin program belajar dengan melibatkan empat siswa kelas 5 yaitu, Dewi, Radit, Irfan, dan Fandi. Nayla dan Nita menyampaikan materi dengan berdiskusi secara interaktif. Dalam dunia pendidikan dasar, metode pengajaran interaktif memainkan peranan penting dalam melibatkan pikiran anak muda. Salah satu pendekatan inovatif tersebut adalah dengan menggunakan pembelajaran berbasis diskusi. Materi yang mereka sajikan adalah sistem pernafasan manusia. Pembelajaran dimulai dengan berdoa dan perkenalan terlebih dahulu untuk menambahkan keakraban. Selanjutnya Nayla dan Nita mengajak anak untuk ice breaking supaya suasana tidak tegang, cara ini dilakukan pada awal pembelajaran. Nayla dan Nita lalu mulai memaparkan materi dengan diskusi. Diskusi yang mereka lakukan adalah dengan metode tanya jawab. Nayla dan Nita memulai dengan pertanyaan dasar kepada empat anak tersebut, pertanyaannya " apa itu pernafasan?". Setelah itu keempat anak tersebut mulai berfikir dan salah satu dari mereka yang bernama Radit menjawab " Pernafasan adalah proses menghirup oksigen dab mengeluarkan karbondioksida". Lalu, Nayla dan Nita menjelaskan materi inti tentang proses pernafasan Proses pada sistem pernafasan manusia yang dimulai ketika seseorang menghirup udara melalui hidung. Hal ini ditandai dengan kontraksi otot diafragma. Rongga hidung menyaring berbagai kotoran untuk mencegah masuknya zat asing selain udara. Udara kemudian masuk ke trakea. Udara dari trakea atau trakea melewati bronkus dan bronkiolus menuju paru-paru dan alveoli, tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida di dalam pembuluh darah. Oksigen mencapai jantung dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Setelah pertukaran oksigen dan karbon dioksida selesai, otot diafragma berelaksasi dan rongga dada kembali normal. Udara yang mengandung karbon dioksida dipaksa masuk ke bronkiolus, bronkus, dan trakea dan melewati hidung. Pembahasan selanjutnya organ dan fungsi Organ Pernapasan pada Manusia yaitu, (1) Hidung berfungsi menjadi pintu di dalam rongga hidung, terdapat hidung rambut-rambut halus yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari udara yang dihirup, (2) Faring yang berfungsi untuk menyalurkan udara dari hidung ke trakea, (3) Epiglotis berfungsi untuk mencegah makanan dan minuman untuk masuk ke saluran pernafasan sehingga saat sedang makan epiglotis akan menutup, (4) Laring, organ yang memiliki dua pita suara yang akan membuka saat bernapas dan tertutup saat mengeluarkan suara, (5) Trakea berfungsi penting untuk mengalirkan udara dari dan juga menuju paru-paru. (6) Bronkus untuk menyediakan jalur untuk udara yang akan masuk atau keluar dari paru-paru. Bronkus memiliki cabang lagi yang disebut dengan bronkiolus. (7) Paru-paru menampung udara yang kaya akan oksigen dan mengalirkannya ke pembuluh darah untuk kemudian disebarkan ke seluruh tubuh. Di dalam paru-paru terdapat alveolus yang berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida, (8) Diafragma yang berfungsi untuk membuat udara bisa masuk dan keluar dari paru-paru karena diaragma merupakan otot pernafasan sehingga dapat berkontraksi dan berelaksasi. Selain itu, Nayla dan Nita juga menjelaskan kelainan dan cara memelihara organ pada pernafasan. Penjelasan tersebut diperhatikan oleh anak dengan baik. Berikutnya, Nayla dan Nita memberikan pertanyaan yang lebih spesifik untuk menguji pemahaman anak tentang materi pernafasan tersebut.4 siswa SD tersebut juga bertanya, pertanyaan nya seperti "mengapa kita perlu bernapas?". Kemudian Nayla & Nita menjawab "bernapas itu penting karena sel di dalam tubuh kita ini membutuhkan oksigen". Sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi mereka di akhir sesi pembelajaran, anak-anak diberi jajan, supaya menambah keakraban antara guru dan siswa. Program belajar bersama yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo ini menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Penggunaan diskusi tanya jawab interaktif dalam kelompok belajar kelas 5 di bimbingan belajar merupakan cara yang dinamis dan menarik untuk belajar sistem pernapasan manusia. Dengan memupuk semangat keingintahuan dan kolaborasi, siswa tidak hanya memahami konsep-konsep ilmiah tetapi juga menumbuhkan kecintaan belajar.

Nayla dan Nita Mahasiswa PGSD UMPWR

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image