Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Cara Membuat Magic Tea Kaya Manfaat dari Bunga Telang

Kuliner | Tuesday, 05 Mar 2024, 13:43 WIB
KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kenalkan magic tea kaya manfaat kepada warga Pandak (Dok. Istimewa)

Belum banyak orang yang tahu tentang manfaat dari bunga telang. Padahal, bunga berwarna ungu ini jika sudah diolah dapat disebut sebagai magic tea yang kaya akan manfaat bagi tubuh. Alasan inilah yang membuat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode 119 Unit VIII.C.3 melakukan inovasi dengan memanfaatkan bunga telang untuk dijadikan minuman yang berkhasiat bagi kesehatan.

Sosialisasi pengolahan bunga telang menjadi minuman dilaksanakan pada Sabtu, 24 Februari 2024 di Padukuhan Tegalurung, Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul. Kegiatan dilaksanakan bersama ibu-ibu Padukuhan Tegalurung yang sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi. Aulia Salsabila Merdekasari dari Program Studi Farmasi memaparkan terkait manfaat yang terkandung dari bunga telang dan menjelaskan cara pembuatan minuman berkhasiat dan menyegarkan bernama magic tea.

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan, bunga telang memiliki banyak khasiat di antaranya menurunkan demam, meredakan gejala alergi, menjaga kesehatan mata, melancarkan sistem pencernaan, mengontrol tekanan darah dan gula darah, serta mengatasi permasalahan pernapasan.

Langkah membuat minuman magic tea yakni, siapkan 7 sampai dengan 10 kuntum bunga telang, kemudian seduh dengan air panas sebanyak 200 ml. Tunggu sampai warna pada bunga telang memudar dan warna air berubah menjadi biru, lalu tambahkan gula atau dapat diganti dengan madu, tambahkan air jeruk sesuai selera. Setelah air seduhan bunga telang ditambahkan air jeruk maka warna yang semula kebiruan berubah menjadi ungu. Hal itu terjadi karena adanya reaksi kimia. Air asam yang berasal dari air jeruk dicampur dengan air telang yang basa maka terjadi perubahan warna. Inilah yang melatarbelakangi nama magic tea.

Muhammad Ilham Rahdiansyah selaku ketua unit VIII.C.3 mengatakan, melalui sosialisasi ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat di Dukuh Tegalurung. “Tanaman bunga telang dapat menjadi tanaman yang dapat dirawat dengan mudah dan bisa mempercantik lingkungan rumah dengan warna bunganya yang indah. Selain itu, melalui sosialisasi produk, diharapkan juga bisa dikonsumsi rutin oleh masyarakat dan dapat menjadi peluang usaha yang baik bagi masyarakat Padukuhan Tegalurung.” (doc)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image