Mengenal Jenis-Jenis Pempek Palembang

Image
Koiyudh
Kuliner | Tuesday, 08 Jun 2021, 23:35 WIB

Berkesempatan mengunjungi Kota Palembang, aku tidak ingin ketinggalan menyantap dan membeli oleh-oleh khasnya. Salah satunya pempek.

Nah, bagi yang mungkin belum tahu (sepertiku sebelumnya), pempek khas sini ternyata ada ragam jenisnya lho. Bukan hanya kapal selam atau lenjer, yang biasa ditemui di Jakarta dan sekitarnya.

Ada berapa macam pempek di Ibu Kota Provinsi Sumatra Selatan ini? Berikut paling umum dijumpai:

1. Pempek Keriting

Sumber: tokopedia

Sesuai namanya, pempek ini penampakannya agak keriting. Meski mungkin lebih mirip bentuk kerupuk atau gumpalan mi. Pempek kenyal ini dibuat dari adonan lenjer. Biasanya direbus. Meski beberapa ada yang digoreng. Cara membuat pempek keriting disebut-sebut lebih rumit daripada jenis lain.

Karena faktor itulah, alasan pempek keriting cukup sulit ditemukan di luar Palembang.

2. Pempek Adaan (Bulat)

Sumber: tokopedia

Terbuat dari adonan dasar pempek ditambah santan dan bawang. Rasanya gurih dan wangi. Bentuknya mirip bakso ikan. Hanya saja ia lebih kenyal. Pempek ini bisa dibuat dengan langsung digoreng tanpa direbus terlebih dahulu.

3. Pempek Kapal Selam/Pempek Telur

Sumber: blog.duniamasak.com

Jenis pempek yang mungkin paling populer. Pempek dengan bentuk menggelembung ini umumnya berupa adonan berisi telur ayam atau bebek utuh. Di Palembang, ia sering ditemui bernama pempek telur besar. Ada juga versi kecilnya, biasa disebut pempek telur kecil.

Nama kapal selam sendiri katanya berasal dari proses merebusnya. Saat awal dimasukan panci, ia akan tenggelam di dasar. Setelah matang, ia mengapung. Mirip-mirip dengan kemampuan kapal selam.

4. Pempek Lenjer

Sumber: qudapan

Lenjer dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) berarti satuan ukuran untuk batang bambu. Karena itu ia mungkin sinonim dengan kata panjang. Bentuk pempek lenjer memang memanjang bulat. Selain kapal selam, jenis pempek ini juga termasuk paling populer. Bahan adonan utamanya biasa terdiri dari ikan, tepung, dan putih telur.

5. Pempek Kulit

Sumber: tokopedia

Pempek ini biasanya terbuat dari adonan kulit ikan. Umumnya dari kulit ikan tenggiri. Ia dibuat tidak melalui proses rebus, langsung digoreng.

6. Pempek Dos

Sumber: tokopedia

Pempek dos berbeda bahan dasarnya saja. Bentuknya dapat menyerupai pempek jenis lain. Ia terbuat tanpa ikan. Bahan baku utamanya hanya mengandalkan tepung sagu. Pempek ekonomis yang juga asal Palembang ini dinamai dos karena ia mengeluarkan suara "dos" saat digoreng.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jangan-jangan aku Ambivert?

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Pembelajaran Abad 21

Image

Tim Misi Kemanusiaan feat OSIS SMA Malahayati, Berbagi Masker Gratis Untuk Masyarakat

Image

Partai Politik: Dapatkah Memperkuat Demokrasi?

Image

Beli Rumah Secara Online, Tidak Cocok Uang Booking Bisa Direfund 100%

Image

Perkuat Ketahanan Pangan, Provinsi Banten Perluas 37 Hektare

Image

3 Langkah Mudah Menebus Saham Right Issue dan Warrant

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image