Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

KULINER RA KARTINI TANPA MINYAK GORENG

Kuliner | Wednesday, 20 Apr 2022, 07:50 WIB
sumber foto: https://nationalgeographic.grid.id/read/

RA Kartini menyukai makanan yang minus minyak goreng. Suryatini N. Ganie salah satu putri dari saudara perempuan Kartini Soelastri dalam buku “Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara Keluarga Sosroningrat” menyebut 5 makanan kesukaan Kartini, sebagai berikut.

1. Ayam Besengek

Olahan berbahan ayam ini diungkep dengan santan lantas dipanggang. Meski sekilas menyerupai ayam panggang pada umumnya, ayam besengek memiliki cita rasa lezat nan kaya akan rempah.

sumber foto: https://sajiansedap.grid.id/read/10748703/ayam-besengek?

2. Nasi Bogana

Nasi Bogana merupakan nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk seperti: opor ayam suwir, telur pindang, tumis kacang panjang dan serundeng. Resep Nasi Bogana ini memiliki cita rasa sedikit manis dan gurih yang dihasilkan dari santan untuk makanan pendampingnya.

sumber foto: https://www.fimela.com/tag/resep-nasi-bogana

3. Pecel Daun Semanggi

Pecel semanggi hadir dengan gaya khas tersendiri, yakni dengan isian yang hanya berupa daun semanggi dan taoge. Daun semanggi mempunyai bentuk khas pada kelopak daunnya yang simetris.

Tidak hanya soal isiannya yang berbeda. Saus kacang untuk hidangan pecel semanggi ini pun punya keistimewaan tersendiri. Saus pecelnya terbuat dari kacang tanah tumbuk, gula merah, gula putih, garam, bawang putih, ketela rambat, dan petis udang sehingga kalau soal rasa maka tidak perlu lagi diragukan kelezatannya. Dalam penyajian, biasanya pecel semanggi dimakan bersama dengan kerupuk puli yaitu kerupuk dari nasi yang dihaluskan dan dikeringkan.

sumber foto: https://www.google.com/search?q=pecel+daun+semanggi

4. Gapitan Daging Kediri

Sajian yang terdiri dari daging sapi yang dipotong, dipipih lantas dibakar ini memiliki penampakan serupa sate hanya bumbunya saja yang berbeda.

sumber foto: https://www.google.com/search?q=gapitan+daging+kediri&rlz

5. Nasi Liwet Ayam

Pada buku Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara juga disebutkan kalau beliau menyukai nasi liwet ayam. Nasi liwet diaron hingga matang menggunakan panci liwet. Kelebihan panci liwet terletak pada bagian dasar panci yang cukup tebal sehingga nasi tak lantas gosong sebelum matang. Saat mendidih, kecilkan api, lalu tutup. Masak hingga air terserap habis sambil sesekali diaduk agar bagian bawang nasi tak berkerak tebal. Setelah itu, kecilkan api lagi hingga nasi matang sempurna. Jika kamu tak memiliki panci liwet, gunakan rice cooker ataupun panci biasa untuk memasak nasi aromatik ini.

sumber foto: https://www.google.com/search? q=nasiliwet+ayam+free+download+gambar&rlz

Satu hal lagi yang tidak boleh ditinggalkan yaitu areh. Areh biasanya dimasak lebih lama hingga mengeluarkan minyak dari santannya.Kuah santan pekat ini adalah salah satu ciri khas seporsi nasi liwet. Selain menjadikannya lebih gurih, proses yang cukup lama ini juga membuat areh menjadi lebih gurih dan tahan lama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image