Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Pentingnya Inovasi dalam Dunia Pendidikan

Edukasi | Saturday, 03 Feb 2024, 11:24 WIB
Penyelenggaraan International Seminar on Education di Universitas Ahmad Dahlan (Dok. Istimewa)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan International Seminar on Education bertemakan “The Future of Education: Innovation Learning in the Digital Era” pada Senin, 29 Januari 2024. Acara yang bertempat di Ruang Kaca Sisi Barat Lantai 10 Kampus IV UAD itu menghadirkan tiga narasumber terkemuka. Mereka adalah Assoc. Prof. Dr. Tengku Intan Suzila Tengku Sharif yang merupakan dosen Universiti Teknologi Mara Cawangan Pahang Malaysia, Syariful Fahmi, M.Pd. yakni dosen Program Studi Pendidikan Matematika, dan Yulia Gesti Merkuri yang telah meraih juara I Mahasiswa Berprestasi FKIP UAD Tahun 2023.

Seminar membahas tentang transformasi pendidikan setelah pandemi, pentingnya inovasi dalam pembelajaran, dan peran teknologi di era digital. Prof. Intan menekankan pentingnya transformasi pendidikan dan inovasi yang harus dikembangkan oleh para guru, termasuk penggunaan teknologi dan copywriting.

Fahmi menambahkan, guru abad 21 harus memiliki kemampuan literasi digital dan berperan sebagai fasilitator pembelajaran bagi generasi digital. Tak ketinggalan, ia juga menyoroti pentingnya pembelajaran berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Game-Based Learning, dan pembelajaran jarak jauh.

Sementara itu, Yulia dalam pemaparannya mengatakan bahwa seminar ini membuka wawasan mahasiswa tentang pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, seperti Canva dan Quizizz, yang dapat membuat belajar lebih menyenangkan bagi generasi Z.

Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa FKIP. Tujuannya untuk memberikan pemahaman dan wawasan tentang transformasi edukasi pascapandemi dan manfaatnya di abad 21. Harapannya, akan membuka ruang bagi peserta untuk berdiskusi dengan para narasumber sehingga memberikan kesempatan bagi mereka untuk memahami pentingnya adaptasi era digital dalam dunia pendidikan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image