Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anggita Budi

KKN STIES Indonesia Purwakarta Di Desa Wanawali, Turut Membangun Perubahan dan Kemajuan Des

Edukasi | Saturday, 27 Jan 2024, 06:00 WIB
Pembukaan KKN di Desa Wanawali

Purwakarta, KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, yang dimana seorang mahasiswa mempunyai tugas dan tanggung jawab setelah dibekali ilmu di perguruan tinggi untuk diamalkan di masyarakat kelak setelah lulus. Melalui kegiatan KKN ini yang di selenggarakan mulai tanggal 22 Januari - 25 Februari 2024 bertempat di Desa Wanawali, Kec.Cibatu Purwakarta yang bertujuan untuk memberikan pemahaman masyarakat tentang aspek ekonomi syariah dan merupakan bagian dari cara bermasyrakat. Kami kelompok 3 yang pada hari selasa, 23 Januari 2024 telah melakukan pembukaan KKN di Balai Desa Wanawali.
Kegiatan KKN ini diterima dengan baik oleh Pak Kades beserta jajaran perangkat desa. Turut serta dalam pembukaan KKN, Pak Kades (Wahyudin), Dosen Pembimbing Lapangan (Ayi Nurbaeti,SE.Sy, M.E), Dusun,RW dan RT se Desa Wanawali serta Peserta KKN Mahasiswa STIES Indonesia Purwakarta.
Dalam kegiatan KKN ini kelompok 3 mengambil tema " Membangun Perubahan dan Pemberdayaan Masyarakat Demi Desa Yang Maju" kegiatan ini akam difokuskan dalam penerapan ekonomi syariah di masyarakat seperti Branding UMKM, Sosialisasi Pegadaian Syariah, dan Sosialisasi ZIS dengan Basnaz.
Kades Wanawali, Pak Wahyudin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih telah menjadikan Desa Wanawali sebagai tempat KKN dan menerima mahasiswa STIES Indonesia Purwakarta dengan baik dan masyarakat sekitar yang diwakili oleh RW dan RT setempat diharapkan dapat menerima peserta KKN dan memberikan arahan jika dibutuhkan dalam kegiatan selama sebulan ke depan.
" Adek-adek mahasiswa silahkan bisa melakukan kegiatan di Desa Wanawali dan Kami beserta perangkat desa menerima dan senang dengan kehadiran adek-adek mahasiswa, buat RW atau RT diharapkan dapat membantu program kerja adek-adek mahasiswa dan memberikam imformasi tentang Desa Wanawali," Ungkap Pak Wahyudin.
Demikian juga Ibu Ayi Nurbaeti, SE. Sy, M.E selaku Dosen Pembimbing Lapangan juga menyerahkan sepenuhnya ke Pihak perangkat desa.
" Saya mengucapkan terima kasih telah diterima dengan baik oleh Pak Kades beserta Jajaran, mohon bimbingan anak-anak KKN dan jika mereka ada salah dalam kegiatan atau tata krama silahkan bisa ditegur karena kehidupan di desa jauh berbeda di kota," pungkas Ibu Ayi Nurbaeti
Selanjutnya ketua KKN kelompok 3 Raga Wirahusni pun menjelaskan kepada Perangkat desa beserta RW dan RT tentang program kerja selama sebulan
"Ada 5 Program kerja utama kita selama sebulan,ada Literasi Sejak Dini, Branding UMKM, Penyuluh Pertanian beserta pembagian topi petani, Seminar Ekonomi Syariah, Sosialisasi ZIS dengan Basnaz, " ucapnya.
Dengan kegiatan tersebut diharapkan warga Desa Wanawali bisa paham tentang ekonomi syariah dan meningkatkan produk UMKM di sekitar sehingga dapat memberikan dampak yang baik untuk kehidupan masyarakat Desa Wanawali.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image