Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Cara Meningkatkan Kesadaran Hidup Sehat

Edukasi | Thursday, 28 Dec 2023, 09:48 WIB
Diklat Promosi Kesehatan Prodi S-1 Kesmas Universitas Ahmad Dahlan (Dok. Istimewa)

Program Studi (Prodi) S-1 Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Promosi Kesehatan (Promkes) pada 18 dan 21 Desember 2023. Kegiatan ini diinisiasi oleh mahasiswa peminatan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) angkatan 2020 sebagai diseminasi matakuliah praktik. Diklat berlangsung di Kampus III UAD dengan sasaran mahasiswa semester 3 yang mengambil mata kuliah Dasar Promkes.

Tahun ini, Diklat Promkes dikemas dalam bentuk yang jauh lebih menarik. Ada empat tema yang diusung oleh masing-masing kelompok yaitu makanan sehat, perilaku merokok, aktivitas fisik, dan pengelolaan sampah. “Terdapat perpaduan antara gaya belajar audio, visual, dan kinestetik agar output yang dihasilkan lebih optimal,” ungkap Ns. Nurul Kodriati, S.Kep., M.Med., Sc., Ph.D. selaku dosen pengampu.

Promosi kesehatan pada dasarnya bukan hanya tentang penyampaian informasi saja, tetapi juga peningkatan keterampilan individu maupun masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan. Melalui diklat, individu akan memiliki wawasan dan keahlian baru dalam mengelola apa yang ada di sekitarnya.

Guna mengukur pengetahuan, mahasiswa diminta untuk mengisi pre-test dan post-test. Sementara itu, untuk meningkatkan kesadaran akan hidup sehat, mahasiswa PKIP menyiapkan media edukasi seperti gim, puzzle isi piringku, hingga limbah rumah tangga untuk diolah kembali. Kolaborasi antarkeduanya diharapkan bisa membantu mahasiswa mengubah perilaku lama ke perilaku baru yang lebih baik. (ish)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image