Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image izzatullaili azza

10 Masalah Akibat Sering Konsumsi Makanan Bersantan

Kuliner | Monday, 25 Dec 2023, 10:17 WIB

Makanan bersantan memiliki dampak tersendiri bagi kesehatan, apabila anda mengonsumsinya secara rutin. Apa saja kira-kira penyakit yang mungkin muncul akibat sering mengonsumsi makanan bersantan? Simak selengkapnya di bawah ini.

10 Masalah Akibat Sering Konsumsi Makanan Bersantan

Peningkatan Kadar Kolesterol

Kandungan lemak jenuh yang ada pada makanan berserat dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Penambahan Berat Badan

Santan mengandung kalori tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan tanpa disertai aktivitas fisik yang cukup, hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Masalah Lambung

Konsumsi santan berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan bagi beberapa orang, seperti perasaan kembung atau gangguan lambung.

Risiko Diabetes Tipe 2

Diet tinggi lemak jenuh dan kalori dapat meningkatkan risiko pengembangan diabetes tipe 2.

Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kandungan lemak jenuh dalam santan dapat berkontribusi pada pengembangan penyakit kardiovaskular dengan meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Gangguan Metabolisme

Konsumsi lemak jenuh dalam jumlah berlebihan dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menyebabkan resistensi insulin, yang terkait dengan perkembangan diabetes tipe 2.

Ketidakseimbangan Nutrisi

Mengonsumsi makanan bersantan berlebihan tanpa memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Alergi atau Intoleransi

Beberapa orang mungkin mengalami alergi atau intoleransi terhadap santan, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau gangguan pencernaan.

Kerusakan Hati

Konsumsi lemak jenuh yang tinggi dapat berkontribusi pada kerusakan hati, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama.

Pengaruh Gula Darah

Makanan tinggi lemak, termasuk santan, dapat mempengaruhi kontrol gula darah, yang dapat menjadi masalah bagi orang dengan diabetes.

Penting untuk mencatat bahwa dampak kesehatan dapat bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan individu, jumlah santan yang dikonsumsi, dan gaya hidup secara keseluruhan. Sebaiknya, konsumsilah santan dan makanan berlemak secara moderat sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat. Jika Anda memiliki kekhawatiran kesehatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Contoh makanan yang mengandung santan adalah sayur lodeh. Berikut resep sayur lodeh dengan santan sehat https://hermihidayati.com/cara-mudah-membuat-sayur-lodeh/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image