Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Surya Pinanggi

Pancasila sebagai Landasan Pembangunan Ekonomi

Edukasi | Wednesday, 20 Dec 2023, 15:11 WIB
PANCASILA SEBAGAI LANDASAN PEMBANGUNAN EKONOMI

Pancasila merupakan salah satu aset negara yang paling penting, Pancasila adalah suatu lima perintah-perintah yang di mana sebagai masyarakat Indonesia harus berpegang teguh terhadap Pancasila. selain itu Pancasila juga dapat mengubah baik dari negara,masyarakat, dan setiap individu agar menjadikan negara dan individu yang berkualitas, karena pada nilai-nilai Pancasila banyak mengajarkan dan memerintahkan kebaikan-kebaikan yang mana nilai tersebut tidak akan membuat kita menjadi rugi. Sehingga Pancasila dapat menjadikan suatu tuntunan atau panutan hidup yang lebih baik.

Dari beberapa peraturan negara, Pancasila juga merupakan salah satu dari sekian banyak assas assas yang paling diutamakan dalam negara Indonesia. Sebagi mana Pancasila mengajarkan nilai-nilai agama, nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai persatuan, nilai-nilai mengenai kerakyatan, serta mengajarkan kita apa itu pentingnya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. sehingga dari Pancasila sudah mencakup jalan hidup yang baik dan benar dalam kehidupan jika kita dapat mengamalkan dengan sempurna kelima Pancasila tersebut.

Pembangunan ekonomi, pembangunan ekonomi merupakan salah satu dari proses dalam perkembangan dan memajukan negara,mengapa bisa begitu, karena pada kehidupan dan bernegara ekonomi sangatlah penting dalam menyongsong berdirinya suatu negara dan masyarakat yang sejahtera, sehingga pembangunan ekonomi sangatlah berpengaruh.namun pada saat ini problem pada perkembangan pembangunan ekonomi di Indonesia masih sangatlah banyak kekurangan kekurangan sehingga masih banyak yang harus di perhatikan dan di perbaiki, saat proses mengatasi dari problem perekonomian ini juga banyak sekali rintangan yang di hadapi contohnya ketidak tauan setiap individu terhadap proses awal dalam pembangunan ekonomi, perencanaan pembangunan yang kurang matang juga sangat berpengaruh dalam mengatasi problema yang di hadapi saat ini.

selain itu dalam proses ini juga banyak di temui kecurangan kecurangan pada sektor pemerintah dan juga tidak jarang di temukan juga pada sektor masyarakat, salah satunya adalah penggelapan dana yang di berikan yang biasanya di salah gunakan dalam beberapa kegiatan sehingga proses bisa terhambat dan merugikan banyak kelompok dan banyak lainya, sehingga kita sebagai masyarakat Indonesia wajib mendalami dan memproses secara hukum dari problem kecurangan dan ketidak adilan ini karena dalam Pancasila sudah tertera pada sila ke 5 yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang mana kita sebagai rakyat Indonesia yang menjunjung tinggi Pancasila bergerak dan menegakkan keadilan untuk rakyat Indonesia.

Namun dari kekurangan-kekurangan tersebut pada saat ini perkembangan ekonomi di Indonesia juga mulai berkembang secara pesat sehingga kita sebagai rakyat Indonesia harus ikut berpartisipasi untuk lebih memaksimalkan dari sektor perekonomian ini karena jika seluruh rakyat Indonesia mampu untuk lebih berkerja keras mungkin pembangunan perekonomian di Indonesia bisa lebih baik dan teratur.

Sebagi contoh dalam ekonomi di Indonesia masih banyak beberapa yang masih kekurangan ekonomi karena dari kebanyakan kasus tersebut banyak dari individual yang tidak mau bekerja keras dan hanya bisa mengandalkan pemerintahan dan tidak mau berusaha untuk memajukan ekonominya sendiri, sedangkan banyak orang berlomba-lomba untuk mengembangkan ekonominya agar dapat hidup nyaman dan lebih baik.

contoh kecil untuk memajukan perkembangan ekonomi yaitu pada suatu wilayah suatu misal Desa yang masih belum baik untuk di sektor perekonomianya sehingga banyak sekali dari beberapa keluarga yang kekurangan baik dari segi ekonomi dan juga sdmnya, sehingga kita sebagai manusia yang dapat memanusiakan manusia dapat membantu walaupun bukan di sektor ekonomi utama yaitu kita dapat membantu dari sektor proses untuk berkembangnya perekonomian di suatu Desa agar masyarakat dalam desa tersebut mendapatkan perekonomian yang lebih baik, yaitu dengan cara membuat suatu program kerja cerdas desa contoh kita dapat mengajukan permohonan terhadap pihak kepala desa untuk membuatkan program tersebut yang biasanya dana dari program tersebut berasal dari pemerintahan dan di urus oleh pegawai-pegawai desa yang setelah di ajukan ke pemerintahan, setelah itu tugas dari perangkat desa yaitu sebagai panitia penjalanan dalam program kerja cerdas desa untuk mengembangkan dan memajukan perekonomian desa tersebut.

Dari sekian banyak kekurangan, kelebihan,dan problem-problem dalam pembangunan ekonomi ini juga harus di ketahui bagi para generasi bangsa selanjutnya yang akan menggantikan penunjang dari proses Pancasila sebagai pembangunan ekonomi di Indonesia, yang mana jika dalam proses ini tidak di ketahui secara signifikan oleh generasi generasi bangsa selanjutnya maka untuk kedepannya mungkin negara kesulitan jika mengalami krisis ekonomi karena ketidak tauan dalam proses pembangunan ekonomi di Indonesia. sehingga kita sebagai generasi bangsa alangkah baiknya dapat mempelajari dan menerapkan dalam kehidupan sekarang maupun kedepannya.

Dari sekian banyak poin poin yang telah saya sampaikan mungkin faktor utama dari baik atau tidaknya perkembangan pembangunan ekonomi di Indonesia adalah dari individu itu sendiri dan dari sektor pemerintahan sebagai pengamat perekonomian di Indonesia. Maka dari itu sebagai tugas pemerintah yang mengawasi dan mengatur dari perekonomian negara harus lebih teliti dan lebih extra lagi dalam mengelola ekonomi di Indonesia.

Sebagimana pemerintahan merupakan faktor yang mempengaruhi dari perkembangan dan pembangunan ekonomi negara yang jika dalam proses penanganan pembangunan ekonomi ini mengalami ketidak adilan dan keseimbangan pembagian dan pengelolaan dalam perekonomian di suatu negara akan menyebabkan dan menimbulkan keributan dan kericuhan baik dari masyarakat dan juga kelompok kelompok yang memiliki wewenang dalam pemrosesan pembangunan ekonomi di suatu negara, maka dari itu tanggung jawab dalam pemerintahan juga sangatlah besar dan resiko dalam proses ini juga sangatlah besar, sehingga membutuhkan suatu proses dan perencanaan dalam pembangunan ekonomi di Indonesia agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan karena kecerobohan dan ketidak tauan dalam proses pembangunan ekonomi di Indonesia.

Kita sebagai masyarakat yang juga perlu dalam memperbaiki ekonomi baik dari segi ekonomi dalam keluarga dan juga lingkungan masyarakat alangkah baiknya mengerti dan memahami apa yang harus di utamakan dalam perekonomian yang di butuhkan dan yang tidak terlalu penting atau tidak butuhkan, maka dari itu cara untuk membangun sebuah perekonomian yang lebih baik dalam suatu keluarga yaitu dengan cara mampu untuk mengetahui mana yang harus di utamakan dan yang mana yang tidak harus di utamakan.

Contoh dari pembangunan ekonomi keluarga yaitu dengan cara mengetahui apa saja tahap awal yang di utamakan dalam proses ini yaitu sebagai contoh kecil kita dapat mengelola keuangan kita sehingga dapat mengeluarkan uang untuk hal yang penting saja dan menyimpan uang untuk keperluan yang akan datang sehingga kita dapat memiliki cadangan uang jika terjadi keadaan yang mungkin sangat membutuhkan uang tersebut. maka dari itu kita tidak bisa menyepelekan hal-hal kecil yang mana sebenarnya itu sangatlah berpengaruh dalam bidang ekonomi keluarga.

Dari pembahasan Pancasila sebagai landasan pembangunan ekonomi ini adalah kita dapat mengatur dan memproses secara baik proses pembangunan ekonomi baik di suatu negara, wilayah pelosok maupun keluarga yaitu dengan di dasari oleh landasan yang di miliki suatu negara ini yaitu Pancasila, yang mana jika dapat mengamalkan dan menerapkan dalam proses Pancasila sebagai landasan pembangunan ekonomi di Indonesia ini akan memberikan efek yang lebih baik dan teratur.

  • #
  • #
  • Disclaimer

    Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

    Berita Terkait

     

    Tulisan Terpilih


    Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

    × Image