Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Administrator

Proyek Strategis Nasional Papua Menguntungkan Seluruh Masyarakat

Politik | Saturday, 09 Dec 2023, 17:50 WIB

Oleh : Theresia Wopari )*

Pemerintah Republik Indonesia (RI) terus menggencarkan Proyek Strategis Nasional (PSN), termasuk di wilayah paling timur, yakni Papua. Dengan adanya hal tersebut, jelas akan sangat menguntungkan seluruh masyarakat di Bumi Cenderawasih lantaran juga mampu meningkatkan kesejahteraan warga sekaligus juga membuka banyak sekali lapangan pekerjaan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat orang asli Papua (OAP) sendiri.

Setelah lebih dari 40 tahun lamanya tidak ada pembangunan pabrik pupuk di Indonesia, akhirnya pada tanggal 24 November 2023 lalu PT Pupuk Indonesia (Persero) membangun pabrik baru yang berlokasi di Fakfak, Papua Barat. Pembangunan tersebut resmi dimulai dengan dilakukannya groundbreaking (peletakan batu pertama) oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi mengatakan bahwa dengan adanya keberadaan pabrik baru di Bumi Cenderawasih tersebut jelas akan mampu semakin memperkuat klaster pupuk, utamanya di kawasan Timur Tanah Air. Diketahui pula bahwa pabrik pupuk di Fakfak itu menjadi salah satu dari proyek strategis nasional (PSN) yang terus digencarkan oleh pemerintah dan memiliki peranan yang cukup vital demi menjaga ketahanan pangan nasional.

Untuk kapasitasnya sendiri, pabrik pupuk di Fakfak mampu menyediakan pupuk urea hingga sebesar 1,15 juta ton per tahun dan juga sebanyak 825 ribu ton per tahun untuk amonia. Apabila hal tersebut terus berjalan dengan lancar, maka bukan tidak mungkin pabrik itu akan mampu mengantarkan industri pupuk nasional bahkan bisa menjadi yang terbesar di kawasan Asia Pasifik.

Sumber gas yang dipasok untuk melakukan proyek tersebut diambil dari sumber gas yang telah disepakati yakni Lapangan Asap, Merah dan Kido (AMK) yang berada di Kasuri, Papua Barat. Tentunya adanya proyek di klaster pupuk itu memang mendapatkan perhatian yang sangat serius dari pemerintah lantaran memiliki multiplier effect atau dampak yang sangat positif dengan begitu besar bagi masyarakat sendiri.

Menjadi tidak heran bahwa potensi kontribusi pabrik terhadap pertumbuhan ekonomi domestik melalui porsi Tingkat Komponen Dalam Negri (TKDN) mencapai hingga 10 Triliun Rupiah, sementara untuk sumbangsihnya pada pendapatan negara diperkirakan mampu berada di angka 20 Miliar Rupiah per tahun dan sekitar 15 Miliar Rupiah untuk pendapatan pemerintah daerah (Pemda) setempat di Papua.

Lebih lanjut, selama durasi pembangunan atau masa puncak konstruksi, pabrik pupuk di Fakfak tersebut juga mampu untuk melakukan penyerapan hingga sebanyak 10 ribu tenaga kerja baru dan sebanyak 400 orang ketika pabrik beroperasi nantinya. Oleh karena itu, adanya kehadiran proyek strategis nasional (PSN0 itu juga menjadi salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat di Papua Barat.

Sementara itu, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya juga akan segera memulai pembangunan dua proyek strategis nasional baru di Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Terdapat dua kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR pada tahun 2023 hingga 2024, takni pembangunan Pasar Sanggeng dan juga penataan Kawasan Arena Publik Borarsi di Manokwari.

Pasar Sanggeng sendiri merupakan pasar tertua di Kabupaten Manokwari yang memiliki luas lahan hingga lebih dari 27 ribu meter persegi. Akan tetapi pasar tersebut sempat mengalami bencana kebakaran pada tahun 2018 silam, sehingga pada tahun 2023 Pemerintah melakukan rekonstruksi bangunan dengan tata kelola yang jauh lebih layak serta memadai untuk meningkatkan perekonomian rakyat dan Pendapatan Asli Daerah di Manokwari Papua.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya, Diana Kusumastuti mengungkapkan bahwa pembangunan pasar tersebut akan menggunakan konsep bangunan green building, yang mana mengacu pada Pasar Pon di Trenggalek. Kemudian untuk bagian tengah bangunan pasar juga akan dibuka agar arus sirkulasi udara serta cahaya bisa masuk dengan baik.

Selanjutnya untuk Kawasan Arena Publik Borarsi, merupakan sebuah area terbuka yang akan ditata menjadi ruang publik yang representatif sebagai tempat untuk melakukan rekreasi keluarga, juga mampu menjadi tempat untuk mengembangkan sosial budaya ekonomi, tempat keagamaan, dan juga tempat olahraga bagi masyarakat di Manokwari dan sekitarnya.

Pada kasawan itu juga akan dibangun pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan juga pada bagian tengahnya akan ada semacam aula atau lapangan. Sedangkan untuk di bagian kanan dan kirinya bisa digunakan sebagai kegiatan masyarakat lainnya.

Proyek Strategis Nasional (PSN) sendiri memang tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa saja, pasalnya Pemerintah RI melakukan pemerataan hingga ke seluruh wilayah di Tanah Air termasuk di wilayah Indonesia Timur, khususnya di Papua telah menjadi sasaran akan pengembangan proyek yang berstatus PSN.

Jelas sekali, bahwa dengan adanya pengembangan proyek strategis nasional yang dilakukan di Bumi Cenderawasih mampu semakin meningkatkan kesejahteraan dari masyarakat di Papua sendiri dan menguntungkan orang asli Papua (OAP). Bukan hanya itu, namun juga mampu membantu peningkatan pendapatan wilayah setempat.

*) Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Bandung

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image