Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad Fauzi

Penting! Inilah yang harus di persiapkan saat akan mengikuti kursus persiapan tes ielts

Edukasi | Monday, 04 Dec 2023, 13:30 WIB

Jika kamu adalah seorang petualang bahasa Inggris yang bermimpi untuk menjelajahi dunia, maka mempersiapkan diri dengan baik sebelum berangkat adalah kuncinya. Salah satu persiapan penting adalah dengan mengikuti kursus dan tes kemampuan bahasa Inggris seperti IELTS. Dengan IELTS, kamu bisa membuktikan kemampuan berbahasa Inggrismu ke berbagai institusi di seluruh dunia.

Bayangkan jika suatu saat nanti kamu bisa kuliah dan tinggal di negara impian atau bekerja di perusahaan multinasional ternama Berkat usaha keras belajar bahasa Inggris yang kamu lakukan hari ini. Bukankah itu adalah petualangan hebat yang ingin segera kamu raih?

Nah, berbekal semangat dan impian besar itulah, mari kita mulai mempersiapkan perbekalan sebelum memulai perjalanan panjang menaklukkan dunia lewat Bahasa Inggris!

Pertama, kenali dulu medan tempur, alias tes IELTS itu sendiri. IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System, yaitu sistem pengujian bahasa Inggris tingkat internasional yang diakui di lebih dari 140 negara di seluruh dunia.

IELTS terbagi menjadi 2, yaitu IELTS Academic untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas dan IELTS General Training untuk keperluan bekerja atau migrasi ke negara berbahasa Inggris. Masing-masing memiliki materi dan penilaian yang berbeda sesuai tujuannya.

Dalam mengikuti tes IELTS, kamu akan diuji kemampuan mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris. Semuanya dinilai dengan skala 1-9 dan biasanya standar minimal untuk diterima adalah skor 6 ke atas.

Nah, setelah paham apa dan bagaimana tes IELTS, saatnya bersiap-siap!

Berikut adalah 5 hal penting yang wajib Kamu persiapkan sebelum mengikuti kursus persiapan tes IELTS.

Let’s get ready for the adventure!

1.    Jadikan Bahasa Inggris Sahabatmu 

Kunci sukses menaklukkan IELTS adalah dengan sering berlatih dan bergelut dengan bahasa Inggris itu sendiri. Karena itu, jadikan bahasa Inggris sebagai sahabatmu sehari-hari. Dengarkan lagu, tonton film, baca artikel dalam bahasa Inggris. Gunakan media sosial dalam bahasa Inggris.

Intinya, sebanyak mungkin berinteraksi dengan bahasa Inggris supaya lidah dan telingamu sudah terbiasa saat menghadapi soal-soal IELTS nanti. Dan jangan lupa, test kemampuan awalmu dengan mengambil IELTS prediction test ya!

2.    Pilih Jenis IELTS Sesuai Tujuanmu 

Seperti sudah dijelaskan tadi, IELTS terbagi menjadi Academic dan General Training. Pilihlah jenis IELTS sesuai dengan tujuanmu setelah ini, apakah untuk studi atau untuk bekerja. Kedua jenis ini memiliki perbedaan materi dan penilaian.

Jadi pastikan kamu mempelajari format yang benar sesuai pilihanmu, agar persiapanmu jadi lebih terarah dan efisien. Konsultasikan juga pilihanmu ini dengan guru bahasa Inggrismu nanti.

3.    Kuasai Materi Reading & Listening 

Dua bagian penting dalam IELTS adalah Reading dan Listening, karena keduanya menyumbang 50% skor tes. Di Reading, kamu akan dihadapkan pada bacaan panjang 500-800 kata dan harus menjawab pertanyaan pemahamannya dalam waktu singkat.

Sedangkan di Listening, kamu akan mendengarkan rekaman audio native speaker dalam 4 bagian dan mengisi pertanyaan seputar rekaman tersebut. Lumayan menantang bukan? Makanya, biasakan konsentrasimu dengan sering membaca dan mendengarkan bahasa Inggris.

4.    Tingkatkan Writing & Speaking Skills 

Selain Reading dan Listening, Writing dan Speaking juga wajib dikuasai. Di Writing, kamu dituntut bisa menulis essay atau surat sesuai tugas dalam waktu 60 menit. Sedang speaking adalah wawancara individu selama 11-15 menit tentang topik dan situasi sehari-hari.

Persiapkan kemampuan menulis dan bicaramu sebaik mungkin karena ini sangat penting. Sering-seringlah berlatih essay writing dan speaking bahasa Inggris agar saat tes nanti kamu bisa percaya diri.

5.    Evaluasi & Pantau Kemajuanmu 

Setelah mengikuti kursus persiapan IELTS, wajib bagi kamu untuk memantau kemajuan belajarmu. Caranya dengan mengerjakan mock test secara rutin dan membandingkan hasil-hasil sebelumnya.

Evaluasi cara belajarmu, temukan kelemahan yang perlu diperbaiki, kuasai kembali materi yang dirasa sulit. Dengan begitu, persiapanmu menuju tes IELTS jadi semakin matang.

Itu dia 5 hal penting yang wajib dipersiapkan sebelum mengikuti kursus IELTS. Dengan persiapan matang, petualangan seru menaklukkan IELTS dan meraih mimpimu ke luar negeri semakin dekat. Let’s sail to the world and make your English dreams come true!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image