Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Pentingnya Mengelola Pembukuan dan Sosial Media bagi Kesuksesan UMKM

Edukasi | Saturday, 02 Dec 2023, 14:14 WIB
Tim KKN Alternatif Periode 89 Unit I.A.3 dan Pemateri dalam Kegiatan Sosialisasi UMKM (Dok. Istimewa)

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Unit I.A.3 mengadakan sosialisasi bertempat di Balai RW 23, Perumahan Green House, Yogyakarta, pada Minggu, 19 November 2023. Kegiatan ini ditujukan untuk pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sana.

Program yang bertajuk “Memberikan Edukasi Pentingnya Mengelola Pembukuan dan Sosial Media bagi Kesuksesan UMKM” dilaksanakan dengan mendatangkan owner Omah Dessert Jogja, Salwa Feby Annisa. Dalam pemaparannya ia menjelaskan dan membimbing para pengusaha UMKM serta ibu-ibu PKK agar dapat meningkatkan penjualan produk melalui penjenamaan dan teknik pemasaran yang baik. Selain itu, pemateri menyampaikan pentingnya pembukuan tepat waktu. Ilmu tersebut diharapkan bermanfaat tidak hanya bagi UMKM, tetapi juga warga Perumahan Green House.

Krisna Rasyid Al Fitroh, selaku Ketua KKN Unit I.A.3 menyatakan bahwa terdapat berbagai macam permasalahan dalam pengembangan usaha, terutama UMKM. Seperti, kurang dikenalnya produk dan minimnya pengetahuan mengenai pembukuan usaha. “Perumahan Green House, RW 23 ini memiliki potensi besar terkait dengan UMKM dan pengembangan untuk produk lokal desa. Dengan adanya sosialisasi terkait penjenamaan dan pembukuan, diharapkan pelaku UMKM dan ibu-ibu PKK semakin sadar terkait dengan pentingnya membuat pembukuan, penjenamaan produk, serta luasnya pemasaran untuk kemajuan usaha yang didirikan,” paparnya.

Ia pun mengaku, dari sosialisasi yang telah dijalankan, banyak respons positif yang diberikan. “Banyak pengusaha UMKM dan ibu-ibu setempat yang kemudian memahami pentingnya pembukuan dan penjenamaan melalui label yang dapat mengenalkan produk dengan ciri khas khusus. Kemudian promosi melalui sosial media yang menarik, serta dengan mengenalkan produk melalui marketplace. Hal tersebut dapat dilihat dari antusias peserta sosialisasi yang interaktif pada saat sesi pemaparan pentingnya pembukuan dan penjenamaan,” imbuhnya. (asna/ek)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image