Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amelia Syaharani

Angka Harapan Hidup Negara Anggota OKI (Bangladesh, Afghanistan, Turki)

Ekonomi Syariah | Wednesday, 22 Nov 2023, 08:16 WIB

Perkembangan dan pertumbuhan masyarakat di era digital ini tentu sangat beragam, baik dari negara maju maupun negara berkembang. Masyarakat merupakan sumber daya manusia yang mampu membantu negara untuk pembangunan yang lebih baik. Pembangunan negara yang sukses adalah negara yang mampu mensejahterakan masyarakatnya. Kesejahteraan masyarakat suatu negara dapat dilihat melalui banyak cara, dan salah satu contohnya yaitu dengan melihat angka harapan hidup masyarakat suatu negara. Angka harapan hidup ini, bisa dibilang menjadi acuan evaluasi kerja pemerintah suatu negara dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama masalah kesehatan.

Bangladesh, Afghanistan, dan Turki adalah negara berkembang yang menjadi negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Meskipun sama-sama merupakan negara berkembang, tentunya dalam beberapa aspek mempunyai perbedaan tak terkecuali masalah angka harapan hidup. Berdasarkan data World Bank, angka harapan hidup dari negara Afghanistan, Bangladesh, dan Turki pada tahun 2017 sampai dengan 2021 masing-masing yaitu sebagai berikut.

Berdasarkan data tersebut, total dari angka harapan hidup masyarakat negara Afghanistan tidak terlalu berubah signifikan. Total dari angka harapan hidup masyarakat negara Bangladesh juga tidak terlalu banyak berubah. Sedangkan total angka harapan hidup masyarakat negara Turki tidak terlalu berubah, tetapi pada tahun 2020 lumayan menurun dari pada tahun sebelumnya. Dapat disimpulkan bahwa negara yang memiliki total rata-rata angka harapan hidup saat lahir yang tinggi yaitu masyarakat negara Turki, sedangkan negara Afghanistan memiliki angka harapan hidup yang lebih rendah daripada Bangladesh dan Turki. Angka harapan hidup saat lahir ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti peningkatan gaya hidup dan standar hidup, pendidikan yang lebih baik, akses layanan kesehatan yang berkualitas. Hal ini dapat dikatakan bahwa pembangunan suatu negara yang memiliki masyarakat dengan angka harapan hidup tinggi termasuk pembangunan negara yang baik.

Sumber : https://databank.worldbank.org/reports.aspx?source=2&series=SP.DYN.LE00.IN&country=BGD

Pinterest

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image