Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Manajemen Waktu Kunci Sukses Bidang Akademik dan Non-Akademik

Edukasi | Friday, 17 Nov 2023, 10:49 WIB
Tim Futsal UAD borong penghargaan di Almer Futsal Championship Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah (DIY-Jateng) (Dok. Istimewa)

Tim Futsal Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berhasil memborong empat penghargaan sekaligus di Almer Futsal Championship Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah (DIY-Jateng). Kompetisi berlangsung pada Sabtu–Minggu, 11–12 November 2023 di Planet Futsal Condong Catur, Sleman, Yogyakarta.

Sebelumnya di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Futsal Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) 2023, tim Futsal UAD menjadi runner up. Sementara pada kompetisi kali ini tim Futsal UAD tidak hanya menduduki peringkat pertama, tetapi juga meraih beberapa penghargaan yakni sebagai champion, best goalkeeper, top score, dan best player.

Di babak final, tim UAD tampil apik dan unggul 5–3 dari UNY dengan adu penalti. Kejuaraan diikuti 6 peserta dari 6 perguruan tinggi yaitu UAD, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPN YK).

Muhammad Hidayat, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Futsal UAD mengungkapkan rasa bangga atas perjuangan dan prestasi tim futsal. “Karena pada dua kejuaraan terakhir yakni hanya dalam waktu satu pekan, tim mampu mencapai partai puncak. Kemudian berhasil mendapat gelar runner up dan champions. Apalagi dapat memborong empat penghargaan sekaligus,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dayat menambahkan UKM Futsal UAD memiliki pelatih dan jadwal rutin latihan. Di samping itu, anggota tim juga melakukan latihan di luar jadwal kuliah.

“Kebetulan dua kejuaraan futsal bertempat di Yogyakarta dan waktunya siang hingga sore hari. Kejuaraan ini berbarengan dengan Ujian Tengah Semester (UTS) sehingga banyak waktu longgar. Selain itu, diselenggarakan saat hari libur sehingga masih aman. Kuncinya, di manajemen waktu,” jelas Dayat.

Ia menjelaskan dengan manajemen waktu baik, futsal tidak akan mengganggu prestasi di bidang akademik. Bahkan keduanya bisa saling mendukung. Hal tersebut dialami oleh Ketua UKM Futsal UAD periode 2022/2023. “Ardhyanda Varell lulus dengan tepat waktu dan dengan predikat kelulusan cum laude. Jadi prestasi di olahraga menambah semangat dan gairah untuk kuliah,” kata Dayat. (umh)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image