Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Makna Logo Milad UAD ke-63

Edukasi | Tuesday, 14 Nov 2023, 09:39 WIB
Filosofi logo milad ke-63 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Dok. Humas dan Protokol UAD)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada tahun 2023 memasuki usia 63 tahun. Menuju puncak milad ke-63, UAD resmi luncurkan logo pada Selasa, 7 November 2023 yang bertempat di Hall Gedung Utama Kampus IV.

Milad menjadi ajang rutin tahunan yang diadakan untuk memperingati hari jadi UAD. Rangkaian milad dibuka dengan peluncuran logo milad UAD dan dilanjutkan dengan sejumlah lomba yang dapat diikuti oleh segenap keluarga besar sivitas akademika UAD. Mengawali rangkaian acara milad, peluncuran logo merupakan hal yang sangat penting sebagai representatif maksud dan tujuan dari acara milad UAD.

Milad ke-63 UAD merupakan kolaborasi antara Fakultas Hukum dan Fakultas Farmasi dengan mengusung tema “Penguatan Hak Konstitusional Kesehatan Menuju Kemandirian Obat”. Dari tema tersebut, Dr. Megawati, S.H., M.Hum. selaku Dekan Fakultas Hukum sekaligus Ketua Panitia Milad ke-63 dalam sambutannya mengatakan bahwa milad ke-63 menjadi wujud kontribusi UAD dalam rangka memajukan dan menyehatkan kehidupan bermasyarakat serta berbangsa.

“Berkaitan dengan masalah hak konstitusional kesehatan, tak lepas dari kemandirian pengadaan obat untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan kuat. Hal tersebut erat kaitannya dengan hak atas kesehatan yang harus dipahami secara luas, artinya sehat bukan milik individu ataupun sekelompok orang tertentu saja, tetapi menjadi tanggung jawab beberapa stakeholder lainnya yang turut serta mendukung kondisi sehat tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa negara memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk memberikan perlindungan terhadap hak asasi kesehatan yang dimiliki oleh seluruh warga negara. Ia turut mengutip Pasal 28H Ayat 1 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang bermakna bahwa bentuk untuk memperoleh pelayanan kesehatan adalah dengan mendapatkan obat dengan informasi tentang obat yang tepat sehingga hak kesehatan merupakan salah satu hak fundamental yang dimiliki oleh setiap individu yang harus dihormati dan dipenuhi oleh negara.

Prof. Dr. apt. Nurkhasanah, M.Si. selaku Wakil Dekan Fakultas Farmasi UAD dalam sambutannya mengungkapkan warna-warna yang dipakai pada logo milad ke-63 UAD tahun ini, yakni merah, oranye, biru, dan hijau.

Bentuk angka 63 pada logo milad terwujud dari beberapa kesatuan bentuk. Pertama, sebuah lingkaran merah-oranye yang melambangkan hak konstitusional warga negara yang dijamin dalam UUD 1945. Kedua, bidang miring merah-oranye yang melambangkan penguatan hak konstitusional untuk kesejahteraan seluruh warga negara. Ketiga, bidang miring biru-hijau yang melambangkan kesehatan sebagai salah satu hak konstitusional yang dimiliki setiap warga negara. Keempat, dua bidang miring yang melambangkan kesetaraan dalam pemberian pelayanan kesehatan bagi setiap warga negara. Terakhir, setengah lingkaran biru-hijau yang melambangkan kemandirian obat untuk kemakmuran dan kemajuan bangsa.

“Demikian filosofi yang sangat mendalam dari logo milad ke-63 UAD, semoga benar-benar UAD dapat memberikan kontribusi dan penyelesaian bagi permasalahan-permasalahan bangsa dan negara,” tutup Nurkhasanah. (Lid)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image