Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Tulis Puisi Kebudayaan DIY, Mahasiswa UAD Raih Juara Lomba Cipta Puisi

Edukasi | Monday, 13 Nov 2023, 12:13 WIB
Narendra Brahmantyo K.R. mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Peraih Juara Lomba Cipta Puisi (Dok. Istimewa)

Narendra Brahmantyo K.R. mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil menyabet dua peringkat pertama pada lomba cipta puisi tingkat nasional dan internasional. Ajang pertama yang ia ikuti ialah Festival Sastra dan Bahasa (FRASA) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman pada 10 Juli–28 Oktober 2023. Kemudian, juara I tingkat internasional diraih pada Festival Sastra Mursal Esten VIII yang berlangsung 28 Agustus–28 Oktober 2023 di Universitas Negeri Padang.

Pada kedua ajang tersebut, Narendra sama-sama mengangkat tema mengenai kebudayaan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Judul puisi pertama yang ia tulis ialah “Mahabah Petang Pematang Bangsa” dan yang kedua “Romo Code”. Kemenangan tersebut bukan kali pertama yang diraihnya dalam lomba cipta puisi.

Sebelumnya Narendra aktif mengikuti perlombaan cipta puisi di berbagai kejuaraan. Ia mengungkapkan rasa senang dan bangga atas pencapaiannya selama ini. “Kemenangan tersebut menambah total gelar juara yang diraih selama menjadi mahasiswa UAD dari tahun 2021 hingga sekarang, dengan jumlah 28 gelar juara cipta puisi,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap semoga banyak mahasiswa UAD terutama mahasiswa Sastra Indonesia yang semakin antusias dalam membuat karya sastra baik itu puisi, cerpen, drama, dan lainnya. “Semoga UAD dapat ikut serta memberikan apresiasi bagi para mahasiswa yang bergelut di bidang kesenian termasuk sastra dan memberikan penghargaan dengan kategori “Mahasiswa Berprestasi di Bidang Seni”.

Sebagai mahasiswa pencinta seni, menurutnya membuat gelanggang kebudayaan dan gelanggang kesenian di lingkup UAD itu sangat penting. Hal tersebut bertujuan untuk memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa di bidang seni seperti seni sastra, musik, film, lukis, desain, hingga bela diri. “Itu bukan hanya harapan bagi saya saja akan tetapi bagi seluruh sivitas akademika UAD yang bergelut di bidang seni,” imbuhnya. (umh)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image