Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

FK UAD Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Lulusan Dokter

Edukasi | Monday, 13 Nov 2023, 10:35 WIB
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Fakultas Kedokteran UAD dengan IDI dan PMI (Dok. Istimewa)

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan perjanjian kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Bantul, beserta Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas lulusan dokter UAD sekaligus menyinergikan kegiatan FK UAD dengan IDI dan PMI.

dr. Ario Tejosukmono, M.M.R., M.Biomed. selaku Wakil Dekan II FK UAD mengungkapkan bahwa penandatanganan kerja sama juga diperuntukkan menaikkan akreditasi fakultas. Sebab, kata dia, saat ini akreditasi fakultas menjadi tolok ukur bagi mahasiswa kedokteran hingga dosen dalam melakukan penelitian dan pengabdian.

“Untuk akreditasi pasti karena kami harus ada kerja sama juga, sebenarnya kerja sama ini sudah ada MoU-nya, ini hanya Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk nanti kami lebih ke arah penelitian dan pengabdian. Sehingga, kegiatan pengabdian dan penelitian dosen UAD bisa bersinergi dengan IDI,” ujarnya saat diwawancarai reporter News UAD pada Minggu, 5 November 2023.

Adanya nota kesepakatan yang dilakukan FK UAD dengan IDI Wilayah DIY dan Bantul beserta PMI Bantul, dr. Ario berharap FK UAD dapat memberikan lulusan dokter terbaik. “Terutama saat mahasiswa lulus nanti akan masuk ke organisasi IDI dan dapat memajukan bangsa juga negara.”

Lebih lanjut, dr. Ario membeberkan bahwa dosen FK UAD turut berkontribusi dalam kerja sama yang dilakukan. Hal tersebut, menurut dia, berdasarkan Tri Dharma yang dimiliki oleh setiap dosen UAD dan memiliki kewenangan dalam menjalin kerja sama oleh berbagai organisasi maupun instansi.

“Dosen-dosen yang berada di Fakultas Kedokteran agar tetap bisa melakukan ini, karena kita dosen punya Tri Dharma. Sementara di UAD, ada Catur Dharma, maka dari itu kita bisa menggandeng berbagai organisasi setempat, terutama IDI Bantul yang paling dekat dengan FK UAD,” jelasnya. (Han)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image