Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syakira Jasmine

5 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Anak

Olahraga | Friday, 17 May 2024, 21:24 WIB
https://pixabay.com/id/users/sylwiaaptacy-246079/

Fisik anak dapat diliat sehat apabila mereka menjadi anak yang aktif. Para orang tua pasti merasa cemas apabila melihat tubuh anak yang kurang sehat. Salah satu contoh agar tubuh anak bugar yaitu dengan olahraga. Banyak manfaat yang di dapat apabila si kecil melakukan olahraga, yuk simak!

1. Memelihara berat badan yang sehat

Saat orang dewasa tidak banyak bergerak, mereka cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori harian. Kalori yang tidak terpakai ini nantinya akan menumpuk sebagai lemak, dan apabila hal tersebut dibiarkan maka akan menimbulkan resiko obesitas.

Begitu hal nya dengan anak-anak. Apabila mereka tidak aktif secara fisik maka akan menyebabkan peningkatan resiko kesehatan seperti obesitas dimasa yang akan datang. Dengan mengajak anak melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga maka tubuh anak akan terkontrol secara berat badan dan tinggi badan mereka.

2. Meningkatan kebugaran kardiovaskular (jantung dan paru-paru)

Olahraga membantu memperkuat otot jantung dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Hal ini memungkinkan tubuh anak untuk memompa darah lebih efisien dan mengantarkan lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan lebih banyak oksigen yang ditarik ke tubuh dan lebih banyak karbon dioksida serta gas buang lainnya yang dikeluarkan.

3. Meningkatkan pola tidur yang lebih baik

Olahraga membantu tubuh anak membakar energi dan membuatnya merasa lelah secara fisik. Kelelahan fisik ini dapat membantu anak tidur lebih nyenyak dan lebih lama. Olahraga jugaa membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, yang merupakan jam internal tubuh yang mengontrol waktu tidur dan bangun.

Saat olahraga memicu pelepasan hormon endorfin dalam tubuh. Pada anak, endorfin dapat membantu mengurangi rasa cemas dan tidak nyaman, sehingga mereka merasa lebih rileks dan tenang. Dan hormon kortisol atau hormon stress ditekan.

4. Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi

Olahraga memberikan tekanan pada tulang, yang merangsang sel-sel tulang untuk tumbuh lebih kuat dan padat. Hal ini penting untuk mencegah osteoporosis di masa yang akan datang.

Olahraga membantu memperkuat otot dan tendon di sekitar sendi, yang membantu menopang sendi dan meningkatkan stabilitas. Hal ini dapat membantu mencegah cedera sendi pada anak yang tidak terbiasa melakukan aktivitas fisik.

5. Meningkatkan kesehatan mental anak

Seperti yang disampaikan sebelumnya Olahraga membantu tubuh melepaskan hormon endorfin atau hormon yang memiliki efek menenangkan dan meningkatkan mood. Olahraga memiliki efek positif dalam menciptakan anak-anak yang sehat secara mental dengan melepaskan zat kimia di otak yang dapat meredakan depresi.

Aktivitas fisik dapat dilakukan setidaknya 60 menit per hari. Olahraga yang bisa dilakukan yaitu seperti bersepeda, senam, berenang, menari.

Sekian 5 manfaat olahraga bagi tubuh anak. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image