Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bung Maja

Belajar Bahasa Inggris dari Komedian Jim Carey

Eduaksi | Sunday, 12 Nov 2023, 16:09 WIB
Jim Carey

Sobat pembaca, sobat pecinta pelajaran Bahasa Inggris, penulis mengajak untuk belajar bahasa Inggris dengan metode menyiapkan materi (obyek yang dipelajari) terlebih dulu. Kali ini materinya adalah kutipan pidato dari Jim Carey, komedian terkenal Amerika. Tentunya langsung terbayang jika ada orang berpidato yang kita bisa lakukan adalah mendengarkan yang disampaikan pembicara. Ya, kita akan melatih Listening, dan sekaligus belajar Pronunciation dan Vocabularies.

Dari Jim Carey, sebenarnya kita tak hanya belajar bahasa Inggris, kita juga mendapat bonus pelajaran kehidupan karena isi dari pidatonya yang menyentuh hati dan menggugah semangat.

Mari kita mulai dari melihat kutipan isi pidato Jim Carey:

My Father could have been a grat comedian, but he didn’t believe that that was possible for him.

Ayah saya bisa saja menjadi komedian yang hebat, tapi dia tidak percaya bahwa hal itu keniscayaan baginya.

And so he made a conservative choice.

Jadi dia membuat pilihan yang konservatif.

Instead, he got a safe job as an accountant.

Alih-alih, ia mendapat pekerjaan yang aman sebagai seorang akuntan.

And when I was 12 years old, he was let go from that safe job, and our family had to do whatever we could to survive.

Dan ketika saya berumur 12 tahun, dia diberhentikan dari pekerjaan yang aman itu, dan keluarga kami harus melakukan apapun yang kami bisa untuk bertahan hidup.

I learnt many great lessons from my father, not the least of which, was that you can fail at what you don’t want.

- Saya belajar banyak pelajaran berharga dari ayah saya, diantaranya, adalah bahwa anda bisa gagal pada apa yang tidak anda inginkan.

So you might as well take a chance by doing what you love.

- Jadi, anda sebaiknya mengambil kesempatan dengan melakukan apa yang Anda sukai.

Agar kita makin semangat untuk belajar bahasa Inggris, mari kita resapi dulu apa yang terkandung dalam pidato Jim Carey.

Seseorang yang mempunyai potensi atau bakat, bisa menggunakannya untuk mencari nafkah. Acapkali potensi/bakat ini tenggelam karena tidak dipakai, karena dia tidak percaya diri bahwa bakatnya kelak bisa menghasikan uang. Yang dicontohkan oleh Jim Carey adalah bakat komedi ayahnya tidak dimanfaatkan untuk dijadikan karir, karena, ayahnya tidak yakin dunia entertaintment bisa menghidupi keluarganya. Dan, dalam keputusan terbaiknya, ayahnya memilih menjadi akunting, profesi yang diyakininya aman dan bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. Namun fakta berkata lain, ayahnya tetap tidak aman, dia diberhentikan dari pekerjaannya. Dari sini Jim Carey menarik pelajaran jika menjalani suatu profesi yang sesungguhnya terpaksa dijalani bisa berisiko gagal atau tidak sukses, sebaiknya kita juga mencoba memilih profesi yang kita sukai.

Lihat video pidato Jim Carey secara utuh:

Fokus ke menit 11.19 - 11.45, yang menjadi sumber kutipan.

Jim Carrey at MIU: Commencement Address at the 2014 Graduation (EN, FR, ES, RU, GR,...)

Dari video tersebut kita bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris kita:

a. Listening & Pronunciation

Dari audio, kita bisa melatih listening skill. Kita jadi tahu cara mengucapkan dengan benar atas kata tertentu (pronunciation).

b. Vocabularies

Dan dari visual (melihat text), kita bisa mendapat pelajaran terkait vocabularies, termasuk cara menulis yang benar (spelling), grammar dan lain-lain sesuai yang sobat pembaca fokuskan.

Catatan:

Subtitle pada tampilan video Youtube

Subtitle yang kita lihat pada video youtube adalah fasilitas terjemah buat penonton video yang membutuhkan, dan khususnya buat pembelajar Inggris, ini sangat membantu:

1. Cek dan click “setting” di layar video di youtube

2. Click “subtitle”

3. Click Bahasa Inggris untuk melatih listening (membandingkan yang terucap dengan teks bahasa Inggris). Disini kita juga mengasah ketrampilan pengucapan yang benar (pronunciation).

4. Click Bahasa Indonesia untuk belajar vocabulary (membandingkan yang terucap dengan teks bahasa Indonesia). Disini kita mengasah penguasaan perbendaharaan kata yang sudah kita ketahui atau belum. Pembaca juga bisa belajar penulisan yang benar (spelling), dan grammar (tenses, adverb, adverb clause, tenses, dan lain-lain)

Baca juga:

Belajar Bahasa Inggris dari Bon Jovi, Kok Bisa?

Mau Menguasai Bahasa Inggris? Berikut Ini Kuncinya

Mana yang Seharusnya Dipergunakan? It Means atau It's Mean?

Urgent dan Important, Mana yang Harus Didahulukan?

Harapan penulis, sobat pembaca, pembelajar bahasa Inggris, bisa fleksibel mencari materi yang bisa kita temukan di berbagai sumber. Di jaman yang dimanjakan dengan internet dan gadget di tangan, banyak yang bisa kita manfaatkan untuk mendukung minat kita dalam hal tertentu, termasuk belajar bahasa Inggris.

Semoga bermanfaat.

Depok, 12 November 2023

Juslich Hanafi (Kanal Bung Maja)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image